Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAA 2015: Indonesia Desak Ethiopia Segera Buka Kedubes di Jakarta

Indonesia mendorong agar Ethiopia segera membuka Kedutaan Besar di Jakarta untuk memfasilitasi hubungan bilateral dan diplomatik kedua negara.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 20 April 2015  |  12:42 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA--Indonesia mendorong agar Ethiopia segera membuka Kedutaan Besar di Jakarta untuk memfasilitasi hubungan bilateral dan diplomatik kedua negara.

Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir menuturkan Ethiopia merupakan salah satu negara Afrika yang hadir dalam Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955.

"Setidaknya Indonesia-Ethiopia punya hubungan emosional terkait KAA," tuturnya usai menggelar pertemuan bilateral dengan Wamenlu Ethiopia Berhane Gebre Christos di sela gelaran Konferensi Asia Afrika, Senin (20/4/2015).

Pertemuan tersebut, lanjutnya, membahas tentang promosi kerjasama Selatan-Selatan dan kerjasama bilateral Indonesia-Ethiopia.

"Secara khusus meminta Ethiopia lebih serius mempertimbangkan buka kedutaan di Jakarta.Indonesia sudah punya Kedubes di Addis Ababa sejak 1964," ujarnya.

Menurut Fachir saat ini Ethiopia sedang mencari lokasi yang tepat di Jakarta untuk menjadi lokasi Kedubes mereka di Indonesia. "Ini yang tadi agak saya desak," ujarnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Ethiopia Berhane Gebre Christos menuturkan hubungan bilateral dan politik dengan Indonesia sudah berjalan dengan baik dalam enam dekade terakhir.

"Hubungan politik kami bisa terbilang luar biasa, dan terus berkembang setiap waktunya. Kami juga telah melakukan koordinasi dalam hampir semua forum internasional, dan kami sepakat untuk mengembangkan hubungan ini, tidak hanya sebatas pada politik tapi juga ke aspek ekonomi dan perdagangan," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Konferensi Asia Afrika
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top