Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Kerja Sama Lebih Erat, Vanuatu Berniat Buka Dubes di RI

Republik Vanuatu berniat membuka kedutaan besarnya di Indonesia untuk meningkatkan kerja sama bilateral yang selama ini terjalin di antara kedua negara tersebut.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 19 April 2015  |  16:33 WIB
Menlu Retno LP Marsudi di Kantor Presiden, Rabu (15/4/2015). - JIBI/Akhirul Anwar
Menlu Retno LP Marsudi di Kantor Presiden, Rabu (15/4/2015). - JIBI/Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA - Republik Vanuatu berniat membuka kedutaan besarnya di Indonesia untuk meningkatkan kerja sama bilateral yang selama ini terjalin di antara kedua negara tersebut.

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri, mengatakan Pemerintah Indonesia menyambut baik keputusan politik Pemerintah Vanuatu yang ingin membuka kedutaan besar di Indonesia. Nantinya, hal tersebut akan ditindaklanjuti dengan pembicaraan teknis mengenai rencana tersebut, agar dapat direalisasikan dalam waktu dekat.

“Pemerintah Vanuatu telah memutuskan untuk segera membuka kedutaan besarnya di Jakarta. Setelah ini kami akan membicarakan persoalan teknis dan tindaklanjut dari keputusan politik tersebut,” katanya usai menemui Menteri Luar Negeri Vanuatu Sato Kilman di JCC, Minggu (19/4/2015).

Retno menuturkan apabila Vanuatu mendirikan kedutaan besarnya di Indonesia, seluruh negara di kawasan Pasifik telah memiliki perwakilan di dalam negeri, karena sebelumnya Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Fiji telah membuka kedutaan besarnya di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Menteri Luar Negeri Vanuatu Sato Kilman juga mengapresiasi politik luar negeri Indonesia yang banyak berperan di kawasan Pasifik. Dia pun meminta Pemerintah Indonesia untuk terus meningkatkan perannya di kawasan yang banyak terdapat negara kepulauan itu.

Rencana Vanuatu membuka kedutaan besar di Indonesia sebenarnya sudah bergulir sejak tahun lalu. Saat itu, Sato mengatakan Indonesia memiliki banyak pengalaman yang dapat dibagi kepada negara di kawasan Pasifik, sehingga perlu meningkatkan kerja sama antara Vanuatu dengan Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Konferensi Asia Afrika VANUATU
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top