Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nisan Batu Akik di Makam Orang Tua Butet yang Dicuri Seberat 30 Ton

Nisan Batu Akik di Makam Orang Tua Butet yang Dicuri Seberat 30 Ton
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 April 2015  |  15:53 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Nisan Bagong Kussudiardja dan Soetina Bagong Kussudiardja dibongkar oleh pencuri batu akik. "Aku ditelepon katanya makam bapak sama ibu dirusak, ya tak suruh lapor polisi dulu," kata Butet Kertarajasa, sang anak, Kamis, 16 April 2015.

Penjaga makam menemukan rusaknya dua bongkah batu besar di atas makam pada Minggu, 12 April 2015. Butet mengatakan batu nisan orang tuanya adalah jenis batu Jasper. "Itu kalau disertifikasi nama batunya Jasper, tapi orang ada yang bilang 'ati ayam'. Kalau dibelah dan ada bagian yang banyak warnanya bisa jadi batu panca warna," katanya.

Menurut Butet, dua bongkah batu tersebut diperkirakan memiliki berat 30 ton, dibeli sekitar tahun 1997 dengan harga Rp 5 juta. "Bisa dibayangkan kalau dipecah untuk akik yang beratnya hanya sepuluh gram, bisa berapa banyak jumlahnya," kata Butet.

Pemain acara Sentilan-sentilun di Metro TV ini bercerita ayahnya mencari batu tersebut sampai Pacitan dan sengaja dipesan untuk nisannya beserta istri. Bagong yang seniman lukis dan koreografer memang dikenal sebagai pecinta akik. Koleksinya telah diwariskan pada anak-anaknya, termasuk Butet.

Aktor yang penggemar akik ini tidak akan menuntut pelaku perusakan makam. "Ya kalau ketangkap suruh minta maaf saja. Orang-orang yang ngambil itu biar kualat dengan sendirinya," kata Butet sambil tertawa.

Dia menanggapi santai peristiwa pengerusakan tersebut. Dia menilai pelaku sebagai orang yang tidak rasional. "Tidak mungkin juga aku ngerahkan orang buat jaga batu. Ikut edan itu namanya," gurau Butet.

Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Kasihan, Ngadiyanta, telah menerima laporan keluarga Bagong. Pihaknya saat ini telah mengamankan palu yang ditemukan di sekitar makam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu akik

Sumber : Tempo.co

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top