Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mahasiswa Indonesia Berpeluang Besar Diterima Perusahaan China

Mahasiswa Indonesia yang mengenyam kuliah di China diyakini punya peluang besar untuk bekerja setelah kembali ke Tanah Air.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 17 April 2015  |  19:02 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau Transportasi Massal Terintegrasi di Stasiun Dongzhimen, Beijing, China, Kamis (26/3/2015) waktu setempat. - Setpres/Laily
Presiden Joko Widodo meninjau Transportasi Massal Terintegrasi di Stasiun Dongzhimen, Beijing, China, Kamis (26/3/2015) waktu setempat. - Setpres/Laily

Bisnis.com, JAKARTA -Mahasiswa Indonesia yang mengenyam kuliah di China diyakini punya peluang besar untuk bekerja setelah kembali ke Tanah Air.

Samuel Wiyono MBA, Direktur Beijing Language Culture Institute (BLCI), mengatakan kesempatan dan peluang kerja serta bisnis akan meningkat pesat di perusahaan China yang mempunyai bisnis dengan Indonesia atau perusahaan dengan investasi dari China di Indonesia.

Dia menjelaskan hal itu  terlihat jelas setelah adanya perjanjian investasi dari berbagai perusahaan Tiongkok di Indonesia yang nilainya mencapai 40 miliar dolar AS atau berkisar Rp 520 triliun. 
 
Bbelum lama ini sekitar 30 perjanjian investasi perusahaan Tiongkok di berbagai sektor energy, infrastruktur dan Industri di Indonesia senilai 40 miliar dolar AS telah di tandatangani ketika Presiden RI Jokowi menghadiri Forum Kerjasama Ekonomi  yang ditemui oleh Perdana Menteri RRT Li Keqiang di hadapan 500 pengusaha Indonesia dan Tiongkok di Beijing.
 
"Peluang tersebut hendaknya segera ditangkap dengan mempersiapkan kemampuan dan ketramplian yang memadai seperti dituntut oleh perusahaan Tiongkok dengan menuntut ilmu di Tiongkok," ujarnya. 

Hal tersebut  karena telah terjadi peningkatan pesat permintaan perusahaan terkemuka yang mencari lulusan Tiongkok baik di tempatkan di Indonesia maupun luar negeri ke BLCI jauh sebelum forum kerja sama tersebut.  "Kami sendiri sedang mempersiapkan laman yang memfasilitasi antara perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja dan lulusan Tiongkok."
 
 Apalagi, menurutnya,  kualitas pendidikan di Tiongkok telah diakui dimana Universitas  Tiongkok mendudukti peringkat top univeristias dunia serta makin maraknya program pathway atau dual degree dengan universitas Amerika, Inggris, Kanada ataupun Australia di Tiongkok.

BLCI, ujar Samuel, dengan didukung institusi pendidikan pemerintah dari Tiongkok dan peluang tersebut, BLCI sebagai konsultan pendidikan Tiongkok yang berpengalaman 11 tahun, mengundang 30-an Institusi Pendidikan terkemuka Tiongkok untuk menawarkan bidang studi terbaiknya dalam pameran pendidikan China (PPT) ke-20.

Pemeran Pendidikan Tiongkok terbesar dan terlengkap itu akan digelar di WTC Mangga Dua, Jakarta pada 18-19 April  serta di Hotel Tunjungan Surabaya pada 25-26 April.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pameran Pendidikan
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top