Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Kaltim Akui Pengadaan Barang dan Jasa Belum Optimal

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengakui pengadaan barang dan jasa di lingkup pemerintah daerah belum berjalan optimal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman terhadap pengaturan pengadaan barang dan jasa.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 14 April 2015  |  16:45 WIB
Gurbernur Kaltim Awang Faroek Ishak.  - Antara
Gurbernur Kaltim Awang Faroek Ishak. - Antara

Kabar24.com, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengakui pengadaan barang dan jasa di lingkup pemerintah daerah belum berjalan optimal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman terhadap pengaturan pengadaan barang dan jasa.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Prov Kaltim Rusmadi mengatakan berdasarkan hasil evaluasi pengadaan barang dan jasa pemerintah, pengadaan di Kaltim masih dijumpai beberapa kendala yang perlu diperbaiki yakni kurangna pemahaman terhadap peraturan pengadaan dan lemahnya kemampuan petugas dalam menyusun dan mensertifikasi teknis rancangan kontrak.

“Akibatnya proses pengadaan yang dilakukan kurang sesuai dengan ketentuan yang sudah dtetapkan,” katanya saat membuka seminar permasalahan pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemprov Kaltim, Selasa (14/4/2015).

Rusmadi mengungkapkan kurangnya pemahaman mengenai aturan pengadaan yang dialami paitia, kelompok kerja dan pihak-pihak yang terlibat, berdampak pada rendahnya kemampuan panitia lelang dalam mendeteksi dan meminimalisir sejumlah kesalahan saat proses pengadaan berlangsung.

Sehubungan dengan hal itu, sebutnya, pihaknya bakal melakukan beberapa upaya perbaikan guna memperbaiki proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan pemerintah daerah. Salah satu upaya yang bakal dlakukan yakni meningkatkan kapasitas dan kompetensi petugas.

“Panitia lelang akan diminta untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensinya terutama terkait undang-undang yang berhubungan dengan pengadaan barang dan jasa di daerah,” sebutnya.[]


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

barang dan jasa pemprov kaltim
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top