Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komplotan Remaja Pencuri Batu Akik Tertangkap

Sejumlah remaja tertangkap basah mencuri batu akik dan juga bahan batuannya di arena Festival Watu Aji Nusantara di Bojonegoro, Jawa Timur, yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Tanah Air sejak dua hari lalu.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Sejumlah remaja tertangkap basah mencuri batu akik dan juga bahan batuannya di arena Festival Watu Aji Nusantara di Bojonegoro, Jawa Timur, yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Tanah Air sejak dua hari lalu.

Ketua Panitia Penyelenggara Festival Watu Aji Nusantara, Wahyu Subakdiono, di Bojonegoro, Sabtu, mengatakan, panitia telah menangkap sedikitnya tujuh remaja dari arena tersebut. "Hari ini ada enam remaja yang tertangkap mencuri batu akik. Sehari lalu ada satu remaja. Semuanya hanya dimintai keterangan dan dilepaskan tidak diproses secara hukum," jelas dia.

Namun, lanjut dia, panitia mendata nama lengkap dengan alamat sejumlah remaja yang tertangkap mencuri batu akik tersebut. "Tidak sampai kita laporkan ke orang tuanya," ucap Wahyu. Di sekretariat panitia, dua remaja yang tertangkap mencuri batu akik ketika ditanya petugas membantah kalau telah mencuri.

"Saya tidak mencuri. Saya dititipi teman saya," jelas A, pelajar SMP di Bojonegoro. Namun, ketika panitia mendesak siapa nama temannya, ia tidak menyebutkan, bahkan terdiam. "Saya telah kehilangan sekitar 30 batu akik yang sudah dilengkapi dengan cincin," jelas seorang peserta asal Kalimantan, Nasution. Namun, Nasution yang dalam festivalitu membawa sekitar 2.000 perhiasan batu akik, sepakat remaja yang tertangkap mencuri itu dilepas kembali.

Mengantisipasi pencurian batu akik, menurut Wahyu, pihaknya sudah menempatkan sejumlah petugas di setiap sudut untuk melakukan pemantauan pengunjung yang datang melihat festival "watu aji" tersebut. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Amir Syahid, juga sepakat sejumlah remaja yang tertangkap mencuri batu akik dilepas.

"Itu hanya kenakalan remaja. Yang penting sekarang pengawasannya diperketat," katanya, menegaskan. Festival Watu Aji Nusantara pertama kalinya digelar di Bojonegoro sejak 9 April dan berakhir 12 April, diikuti 31 peserta dari berbagai daerah di Tanah Air. "Dari 75 anjungan yang kami sediakan hanya terisi 31 anjungan, sebab waktunya bersamaan dengan festival serupa di Ponogoro dan Kediri," jelas Wahyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper