Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kelinci Ajaib Ini Muncul Setelah Lebih dari 20 Tahun

Kelinci ajaib, hewan langka dan menggemaskan yang hidup di pegunungan di China, terlihat pertama kali dalam kurun waktu lebih dari 20.
Ili pika, hewan langka yang kerap disebut kelinci ajaib/Mirror.co.uk
Ili pika, hewan langka yang kerap disebut kelinci ajaib/Mirror.co.uk

Kabar24.com, JAKARTA-- Kelinci ajaib, hewan langka dan menggemaskan yang hidup di pegunungan di China, terlihat pertama kali dalam kurun waktu lebih dari 20.

Dilansir Mirror.co.uk, Rabu (25/3/2015), kelinci ajaib ini adalah pika atau tepatnya diberi nama Ili pika. Hewan ini lebih langka dibanding hewan Panda yang dilindungi dan menjadi maskot China. Diperkirakan kurang lebih 1.000 pika hidup di alam liar di China.

Penemu pika menuturkan hewan lucu, menggemaskan, dan mirip boneka beruang ini, populasinya menurun 70% sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1983. Kemudian, hewan ini tak pernah lagi terlihat, hingga akhirnya muncul baru-baru ini.

Meski secara alami, reproduksi pika lambat, namun pengaruh perubahan iklim disebut-sebut sebago faktor yang membuat populasi pika menurun. Seorang konservator, Li Weidong, menemuka Ili pika di pegunungan Tianshan, wilayah Xinjiang  bagian tenggara China. Daerah ditemukannya pika ini pun diberi nama Ili.
 
Kepada CNN dia mengatakan: "Saya menemukan spesies, dan saya melihat hewan ini erancam punah.
Jika punah di depan saya, saya akan merasa sangat bersalah."

Li mengatakan tidak ada organisasi resmi yang melindungi pika meskipun hewan itu dikategorikan sebagai hewan terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature pada tahun 2008.

Ili pika benar-benar punah pada dua wilayah habitatnya. Sebelumnya, ada enam wilayah di China yang ditemukan pika. Tahun lalu, Li membuat grup yang memiliki 20 relawan untuk melakukan survei pika. Akhirnya, grup tersebut menemukan hewan pika baru-baru ini.

“Pika tak punya tempat lain untuk hidup.”
Dibutuhkan upaya untuk melestarikan pika, karena hewan ini bisa punah suatu saat.

Pika dalah sepupu dari hewan kelinci. Hewan ini hidup di daerah beriklim dingin. Pika yang kadang-kadang disebut dengan kelinci batu  adalah hewan kecil pengerat yang rupanya mirip dengan kelinci.

Badannya pendek dengan panjang tubuh hanya 15 cm. Pika tidak berekor. Telinganya pendek, dan berat tubuhnya sekitar 140 gram. Hewan ini lebih banyak berjingkat, daripada melompat . Selain itu, pika juga pandai bersiul sehingga disebut sebagai "terwelu pesiul".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Mirror.co.uk

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper