Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LEE KUAN YEW MENINGGAL DUNIA: PBB Kehilangan Tokoh Legendaris Asia

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon mengutarkan duka cita mendalamnya atas mangkatnya Lee Kuan Yew, mantan perdana menteri Singapura, dan menyampaikan belasungkawa untuk keluarga Lee, pemerintah dan rakyat Singapura.
Lee Kuan Yew/Reuters-Bazuki Muhammad
Lee Kuan Yew/Reuters-Bazuki Muhammad

Kabar24.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon mengutarkan duka cita mendalamnya atas mangkatnya Lee Kuan Yew, mantan perdana menteri Singapura, dan menyampaikan belasungkawa untuk keluarga Lee, pemerintah dan rakyat Singapura.

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh juru bicaranya, Ban menyebut Lee sebagai "tokoh legendaris di Asia" yang dihormati secara luas atas kepemimpinan dan kenegarawanannya.

"Selama tiga dekade berkuasa, dia telah mengantarkan Singapura menuju transisi dari sebuah negara berkembang menjadi salah satu negara paling maju di dunia, serta mengubahnya menjadi simpul bisnis internasional yang berhasil," tulis Ban lagi.

"Di tengah Singapura merayakan hari kemerdekaan ke-50-nya tahun ini, bapak pendiri bangsanya akan dikenang sebagai salah seorang dari para pemimpin Asia paling inspiratif," kata Ban.

Sekjen PBB itu menambahkan bahwa dia berterimakasih atas kerja sama yang kuat antara pemerintah Singapore dengan PBB, dan menantikan semakin mendalamnya kemitraan ini.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Perdana Menteri Singapura (PMO),  Lee meninggal dunia pada Senin pukul 3.18 dini hari, dalam usia 91 tahun. Dia dirawat di rumah sakit karena pneumonia akut sejak 5 Februari.

Lee, dikenal sebagai bapa pendiri Singapura, menjabat perdana menteri Singapura dari 1959 sampai 1990, lalu kemudian menjadi menteri senior dan mentor bangsa.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper