Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Swasta Bangun Pabrik CPO Pertama di Sebatik

Investor swasta PT Sempurna Sejahtera membangun pabrik pengolahan kelapa sawit (CPO) di Desa Bambangan, Sebatik Barat, Pulau Sebatik Kalimantan Utara.
Tandan buah segar. /Bisnis.com
Tandan buah segar. /Bisnis.com

Kabar24.com, TANJUNG SELOR - Investor swasta PT Sempurna Sejahtera membangun pabrik pengolahan kelapa sawit (CPO) di Desa Bambangan, Sebatik Barat, Pulau Sebatik Kalimantan Utara.

Menurut Penjabat Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan bahwa ini adalah pabrik pengolahan kelapa sawit yang pertama didirikan di Pulau Sebatik Kalimantan Utara.

"Nilai investasi pembangunan pabrik CPO tersebut mencapai 100 miliar rupiah," ujarnya di Tanjung Selor, Senin (2/3/2015). "Ini merupakan pabrik CPO ke enam di Kabupaten Nunukan tapi untuk di Pulau Sebatik ini merupakan yang pertama," katanya.

Pembangunan pabrik CPO ini ditargetkan akan selesai dalam sembilan bulan ke depan. "Untuk kapasitas produksinya sekitar 30 ton Tandan Buah segar per jamnya," katanya.

Investasi di bidang perkebunan kelapa sawit ini diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi bagi masyarakat sekitarnya, sehingga berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Keberadaan pabrik yang lokasinya terletak persis di wilayah perbatasan Malaysia tersebut, merupakan suatu gambaran semangat nasionalisme," ucap Irianto.

"Sekaligus juga bahwa dunia usaha swasta nasional mampu untuk membangun daya saing di ASEAN termasuk kesiapan menghadapi pasar bebas ASEAN akhir tahun ini," lanjutnya.

"Ini adalah sebuah jawaban, tidak mudah untuk membangun sebuah industri pengolahan di wilayah seperti ini, dengan adanya industri ini sekaligus untuk kita membangun harga diri bangsa ini dan juga akan menjadi aset nasional yang harus kita jaga bersama," tegas Irianto.

Hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik CPO tersebut, Ahad kemarin, antara lain Ketua sementara DPRD Kaltara Marten Sablon, Bupati Nunukan Drs Basri, Sekprov Kaltara Badrun, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Zainuddin, Asisten Bidang Pembangunan Syaiful Herman dan beberapa kepala SKPD di lingkungan kerja Pemprov Kaltara.

Selain itu hadir pula tokoh-tokoh masyarakat Nunukan, jajaran Komisaris dan Presiden Direktur PT Sempurna Sejahtera beserta seluruh jajaran direksi Sempurna Sejahtera dan Direktur Bank Kaltim. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper