Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELANG PERINGATAN KAA, Kota Bandung Pastikan Kesiapan Infrastruktur

Wali kota Bandung Ridwan Kamil menginstruksikan seluruh camat dan SKPD melakukan persiapan dan memperbaiki infrastruktur menjelang perhelatan Konferensi Asia-Afrika ke-60.
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. /bISNIS.COM
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. /bISNIS.COM

Bisnis.com, BANDUNG - Wali kota Bandung Ridwan Kamil menginstruksikan seluruh camat dan SKPD melakukan persiapan dan memperbaiki infrastruktur menjelang perhelatan Konferensi Asia-Afrika ke-60.

"Sesuai amanah Presiden pada pertemuan sebelumnya, Bandung harus siap secara infrastruktur sehingga perlu ada beberapa perbaikan," kata Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (24/2/2015).

Emil menjelaskan Pemerintah Kota Bandung mendapat tugas melakukan penunjukkan langsung pihak-pihak yang akan mengelola perbaikan infrastruktur tersebut tanpa melalui proses lelang.

"Kewenangan tersebut dapat dilaksanakan dengan syarat harus didampingi oleh pihak-pihak terkait dari pusat," katanya. Penunjukkan tersebut akan didampingi oleh beberapa instansi, seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP), serta Kejaksaan Agung.

Emil menambahkan pihaknya akan segera melakukan rapat dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan perbaikan infrastruktur, terutama  yang meliputi perbaikan jalur pejalan kaki dan jalur hijau.

"Minggu ini harus ditentukan titik-titik mana saja yang harus dibereskan dan dilakukan pendampingan untuk perhitungan dananya agar tetap aman secara jalur hukum," tambah pria berkaca mata itu.

Emil menjabarkan kawasan yang akan diperbaiki tersebut meliputi Masjid Agung, Braga, Jalan Asia Afrika, jalan Cikapundung Timur, Jalan Naripan, dan jalan-jalan yang dilewati dari arah Bandara Husein ke Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika. "Target mulai perbaikan maksimal 1 Maret dengan estimasi pekerjaan selesai dalam 45 hari," kata Emil.

Pihaknya mengimbau agar para camat turun ke lapangan untuk meninjau pelaksanaan perbaikan. Selain perbaikan, kebersihan masing-masing wilayah juga perlu dijaga. "Saya mengimbau kepada seluruh tim Camat agar menyicil tugas-tugasnya dari sekarang, terutama soal kebersihan agar tidak terlihat kumuh," katanya.

Terkait biaya perbaikan, Emil menjelaskan pihaknya menggunakan dana APBD dan dana hibah dari pihak ketiga. Namun, dia belum bisa menjelaskan berapa biaya yang dibutuhkan.

Perhelatan peringatan KAA ke-60 April mendatang akan diikuti oleh 109 negara yang terdiri atas puluhan kepala negara dan utusan negara dari wilayah Asia dan Afrika serta beberapa utusan dari Amerika dan Eropa. Semua tamu kenegaraan tersebut akan berkunjung ke Bandung selama 24-25 April 2015.[]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper