Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bupati Cilacap Terbitkan SK Makanan Brekecek, Bagaimana Rasanya?

Salah satu kekayaan kuliner khas Cilacap yang terbuat dari olahan pathak jahan dan basur atau yang lebih dikenal dengan Brekecek, saat ini resmi menjadi makanan khas Cilacap.
Brekecek khas Cilacap/Dafamhotels.com
Brekecek khas Cilacap/Dafamhotels.com

Bisnis.com,CILACAP—Salah satu kekayaan kuliner khas Cilacap yang terbuat dari olahan pathak jahan dan basur atau yang lebih dikenal dengan Brekecek, saat ini resmi menjadi makanan khas Cilacap.

Penetapan Brekecek sebagai makanan khas Cilacap, didasarkan pada Surat Keputusan Bupati Cilacap No. 556/501/18/2014, tanggal 6 Nopember 2014.

Terkait dengan itu, untuk memudahkan masyarakat dalam menikmati kuliner brekecek ini, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto pekan ini telah meresmikan pembukaan rumah makan dengan menu utama Brekecek, di Jl Slamet No. 5 Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan keberadaan rumah makan itu diharapkan banyak dikunjungi dan digemari masyarakat luas.

“Makanan brekecek ini bisa menjadi ikon pariwisata kuliner Cilacap bersama dengan makanan dan jajanan khas Cilacap lainnya,” ujar Bupati dalam laman resmi Pemkab Cilacap, Kamis (12/2/2015).

Tatto menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada PT. Holcim Indonesia Tbk pabrik Cilacap, yang tidak henti-hentinya berupaya mendorong tumbuh dan berkembangnya potensi lokal yang ada di Cilacap.

Brekecek pathak jahan adalah olahan tradisonal kepala ikan jahan yang dibumbui dengan aneka bumbu dapur lengkap, sehingga memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Begitu pula dengan brekecek basur adalah resep yang sama dengan brekecek pathak jahan, hanya bahannya diganti dengan iwak basur/enthok. Sedang daging ikan jahan diproses menjadi ikan asin jambal roti.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khamdi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper