Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ISIS Membakar Hidup-hidup Pilot F-16, Yordania Marah

Pemerintah Yordania mengancam akan mengambil sikap tegas terhadap milisi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang telah merilis video eksekusi terhadap pilot asal negara tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 04 Februari 2015  |  07:50 WIB
Protes warga Yordania.  - reuters
Protes warga Yordania. - reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah Yordania mengancam akan mengambil sikap tegas terhadap milisi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang telah merilis video eksekusi terhadap pilot asal negara tersebut.

Pilot bernama Maaz al-Kassasbeh tersebut dieksekusi dengan cara membakar tubuhnya dalam keadaan hidup. Penerbang berusia 26 tahun itu ditangkap pada Desember lalu setelah pesawat F-16 yang dikendalikannya jatuh di dekat Raqqa, Suriah.

Dia merupakan satu-satunya pilot yang berhasil ditangkap kelompok milisi itu.

Raja Abdullah II, yang tengah berada di Washington, meminta seluruh warga Yordania untuk bersatu menghadapi ISIS. Ketika dikonfirmasi soal kematian sang pilot, raja tersebut mengatakan bahwa merupakan tugas semua warga negara untuk bersatu. Menurutnya, warga Yordania harus menunjukkan nilai-nilai dasar yang dianut dalam menghadapi cobaan tersebut sebagaimana dikutup Huffingtonpost, Rabu (4/2/2015).

Video itu memperlihatkan al-Kassasbeh dibakar di dalam kurungan besi. Dia menjadi tawanan orang asing ketiga yang dieksekusi ISIS dalam sebulan terakhir. Sebelumnya, ISIS telah mengeksekusi dua warga negara Jepang, Haruna Yukawa dan Kenji Goto.

Kassasbeh ditangkap setelah pesawatnya jatuh dalam misi yang dilakukan oleh sejumlah pesawat milik Angkatan Udara Yordania. Misi itu bertujuan mencari persembunyian anggota ISIS di wilayah Raqa. Pejabat militer Yordania tidak menjelaskan penyebab jatuhnya pesawat.

Namun, berdasarkan kelompok yang melakukan monitor terhadap ISIS, pesawat itu jatuh setelah ditembak dengan rudal anti-pesawat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yordania ISIS

Sumber : huffingtonpost.com

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top