Duta Besar & Konsul Jenderal Dihimbau Fokus pada Delimitasi Batas Laut

Kementerian Koordinator Kemaritiman menghimbau Duta Besar RI dan Konsul Jenderal RI di seluruh dunia lebih fokus terhadap zona perairan Indonesia.
Hadijah Alaydrus | 02 Februari 2015 21:13 WIB
INDROYONO/SOESILO

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Koordinator Kemaritiman menghimbau Duta Besar RI dan Konsul Jenderal RI di seluruh dunia lebih fokus terhadap zona perairan Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo menegaskan agar penyelesaian delimitasi batas laut, batas zona ekonomi eksklusif dan batas landas kontinen antara Indonesia dan 10 negara tetangga segera dilakukan.

"Kami segera mengerahkan 12 kapal riset dan kapal survey guna menghimpun data hidro-oseanografi, data geologi dan biologi laut guna negosiasi delimitasi batas laut Indonesia," kata Indroyono setelah Rapat Kerja Para Kepala Perwakilan RI di Luar Negeri, di Gedung Kemenlu, Senin (2/2/2015).

Di bidang keamanan dan keselamatan laut, Indonesia akan melanjutkan rencana kerjasama dengan Rusia, terkait pengadaan pesawat intai amphibi TNI-AU. Selain itu, menurut Indroyono, Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) akan merintis kerja sama dengan AS, Jepang, Belanda, Perancis dan Denmark mengenai pengembangan kapasitas pengamanan laut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kelautan, maritim

Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top