Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tahukah Anda Asal Usul Nama Harmoni di Jakarta?

Harmoni merupakan salah satu tempat yang cukup terkenal di Jakarta Pusat, lokasinya di persimpangan di ujung Jl Majapahit dan tidak jauh dari Istana Negara.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 26 Januari 2015  |  20:46 WIB
Halte Busway Transjakarta di kawasan Harmoni Jakarta Pusat - Antara
Halte Busway Transjakarta di kawasan Harmoni Jakarta Pusat - Antara

Bisnis.com, JAKARTA-Harmoni merupakan salah satu tempat yang cukup terkenal di Jakarta Pusat, lokasinya di persimpangan di ujung Jl Majapahit dan tidak jauh dari Istana Negara.

Bagi warga Ibu Kota yang biasa naik bus kota sangat familiar dengan Harmoni, karena sang kondektur sering meneriakkan nama itu untuk memberi tahun penumpang yang akan turun.

Dari mana asal usul nama Harmoni? Zaenuddin HM, menjelaskan dalam buku karyanya berjudul “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada 2012.

Dijelaskan bahwa nama Harmoni berasal dari nama gedung yang sangat penting pada zaman ketika Batavia dalam kekuasaan pemerintah Hindia Belanda, sekitar abad ke-17 dan ke-18.

Gedung itu bernama Sosietiet De Harmonie, yang menjadi tempat berpestanya kaum sosialita Belanda, dilanjutkan saat Inggris berkuasa di Batavia.

Mereka sering berkumpul, beramah-tamah, dan mencari jodoh di gedung besar berarsitektur Belanda itu. Di tempat itu juga sering terjadi keributan akibat pesta dan dansa disertai mabuk minuman keras.

Pemprov DKI Jakarta pada 1985 membongkar gedung bersejarah itu persis ketika gedung yang pernah berjaya tersebut berumur 170 tahun.

Meski bangunan bersejarah Sosietiet De Harmonie sudah tidak ada lagi, tempat dan kawasan itu tetap disebut Harmoni.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top