Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CALON KAPOLRI TERSANGKA: Pelantikan Budi Gunawan Tunggu Kasus Selesai

Sekretaris Kabinet Andi Widjayanto kembali menegaskan kejelasan pelantikan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri akan menunggu hingga kasus hukum di KPK selesai.
Editor
Editor - Bisnis.com 22 Januari 2015  |  16:38 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (kiri) berbincang dengan Seskab Andi Widjajanto (kanan) dan Plt Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti (tengah) sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/1). - Antara
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (kiri) berbincang dengan Seskab Andi Widjajanto (kanan) dan Plt Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti (tengah) sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/1). - Antara

Kabar24.com, BOGOR— Sekretaris Kabinet Andi Widjayanto kembali menegaskan kejelasan pelantikan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri akan menunggu hingga kasus hukum di KPK selesai.

"Posisi Ptetap sama. Bahwa Presiden memberi kesempatan pada Budi Gunawan untuk menyelesaikan dulu kasus hukum yang membelitnya," kata Andi saat ditemui usai Rapat Koordinasi Bupati dan Wali Kota Seluruh Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (22/1/2015).

Menurut Andi, terdapat dua proses dalam isu pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri yakni proses politik dan proses hukum.

 "Proses politik sudah selesai saat DPR memberi persetujuan untuk melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri. Untuk proses hukum presiden menyerahkan sepenuhnya ke penegak hukum dan Budi Gunawan sendiri," kata Andi.

Pada Selasa (13/1/2015), KPK menetapkan calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan suap dari transaksi mencurigakan.

 "Menetapkan tersangka Komjen BG (Budi Gunawan) dalam kasus tersangka dugaan tindak pidana korupsi penerimaan janji saat yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir di Mabes Polri 2003-2006 dan jabatan lain di Mabes Polri," kata Ketua KPK Abraham Samad.

Akibat adanya kasus tersebut, Presiden Joko Widodo menunda pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri. (Kabar24.com)

BACA JUGA:

CALON KAPOLRI TERSANGKA: KPK Harus Beri Kepastian Hukum

KPK VS PDIP: Ada Upaya Kriminalisasi KPK Kata Relawan Jokowi

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komjen budi gunawan

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top