Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Budi Gunawan Akan Dilantik & Langsung Dinonaktif, Badrodin Plt. Kapolri

Jokowi disebut-sebut tetap akan melantik dan nonaktifkan Budi Gunawan sebagai kapolri

Kabar24.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo dikabarkan akan tetap melantik Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) siang ini dan langsung akan menonaktifkannya.

Sumber-sumber Bisnis.com menyebutkan siang ini pukul 14.00 WIB Presiden Jokowi akan memberhentikan Kapolri saat ini, Jenderal Sutarman dan menggantikannya dengan Komjen Budi Gunawan.

"Namun Budi langsung akan dinonaktifkan, dan Wakapolri Komjen Badrodin Haiti akan ditunjuk menjadi pelaksana tugas Kapolri," ujar dia, Jumat siang.

Sementara sumber lainnya menyebutkan, saat ini sedang terjadi perdebatan mengenai hal itu."Kabarnya Presiden bersikeras tidak mau melakukan pelantikan."

Komjen Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK hanya sehari setelah diajukan sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Jokowi.

Namun, Presiden Jokowi tidak menarik pencalonan Budi, dan DPR melakukan proses fit and proper secara cepat. Budi langsung dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan dan kemudian disetujui dalam sidang paripurna DPR. 

Sebelum mengajukan nama Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri kepada DPR, Presiden Jokowi mengaku telah membahas kandidat yang merupakan rekomendasi dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Ada empat nama yang diajukan kepada Presiden. Selain Komjen Budi Gunawan, tiga calon lainnya adalah Kabareskrim Komjen Pol. Suhardi Alius, Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayu Seno, dan Irwasum Komjen Dwi Priyatno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Y. Bayu Widagdo
Editor : Y. Bayu Widagdo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper