Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JK Lantik Pengurus PMI Pusat 2014-2019. Ini Susunannya

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla melantik jajaran Pengurus PMI Pusat periode 2014-2019 dan berharap lembaga ini dapat menjalankan tugas kemanusiaan dengan semakin baik.
Mengemban tiga tugas pokok. /Bisnis.com
Mengemban tiga tugas pokok. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla melantik jajaran Pengurus PMI Pusat periode 2014-2019 dan berharap lembaga ini dapat menjalankan tugas kemanusiaan dengan semakin baik.

Jajaran Pengurus tersebut dilantik setelah JK terpilih sebagai Ketua Umum untuk yang kedua kalinya dalam Musyawarah Nasional PMI ke-20 akhir Desember 2014. 

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada saudara-saudara yang bersedia hari ini untuk menjalankan tugas kemanusiaan di PMI agar menjadi bagian dari pada pengabdian kita," ujarnya di kantor pusat PMI, Jumat (9/1/2015).

JK memilih Ginandjar Kartasasmita sebagai Wakil Ketua Umum PMI yang nantinya akan efektif menjalankan tugas sebagai Ketua Pelaksana Harian PMI. Sosok Ginandjar dinilai memiliki pengalaman yang luas baik di pemerintahan maupun usaha sosial lainnya.

"Mengingat karena waktu dan kesempatan dan waktu saya yang terbatas dewasa ini untuk menjalankan tugas-tugas itu, saya harap pak Ginanjar dan saudara semua pasti mampu dan akan lebih memajukan PMI yang akan datang," katanya.

Wakil Presiden ini juga mengingatkan kembali tiga tugas pokok PMI agar dapat dijalankan jajaran pengurus PMI pusat dengan sebaik-baiknya.

Pertama, tugas kenegaraan dalam rangka menjadi fasilitator untuk menjalankan tugas operasional donor darah nasional. "Ini bukan tugas yang mudah karena menyangkut kebutuhan 240 juta penduduk, sehingga diperlukan operasi yang besar, kegiatan yang besar, dan tentu dengan teknologi yang makin maju," tutur JK.

Kedua, terkait tugas penanganan bencana yang terjadi di Tanah Air. Apabila terjadi bencana, kata JK, PMI harus bekerja dengan persiapan dan kemampuan yang baik.

Menurut JK, selama ini tugas penanggulangan bencana telah dijalankan PMI dengan cukup baik, kendati harus ditingkatkan dari sisi kecakapan, teknologi, dan logistik. Misalnya, menjalankan program penanganan 6 jam harus sampai.

Ketiga, "Tentu yang lainnya adalah usaha-usaha sosial yang menjadi bagian dari pada upaya kita semua. PMI tentu menjalankan usaha sosial itu baik lewat kesehatan dengan rumah sakit yang ada dan kita akan kembangkan di masa datang, juga usaha sosial lainnya yang telah menjadi bagian tugas kita semuanya," katanya.

Menutup sambutannya, JK juga menyampaikan terima kasih kepada federasi dan lembaga kemanusiaan lokal maupun internasional yang telah menjalin kerjasama dengan baik bersama PMI.

Berikut susunan Pengurus PMI Pusat yang dikukuhkan sore ini.
1. Ketua Umum: Drs. H. Jusuf Kalla
2. Wakil Ketua Umum : Prof. DR. Ir. Ginandjar Kartasasmita
3. Ketua Bidang Organisasi: Sasongko Tedjo, SE, MM
4. Ketua Bidang Penanganan Bencana: Letjen TNI (Purn) Sumarsono, SH
5. Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial: dr. Farid Husain, Sp. Bd
6. Ketua Bidang UUD dan Rumah Sakit: dr. Linda Lukitari Waseso
7. Ketua Bidang PMR dan Relawan: H. Muhammad Muas, SH
8. Ketua Bidang Hubungan Internasional: Prof. Dr. Hamid Awaluddin
9. Ketua Bidang Dana dan Prasarana: Jhoni Darmawan

10. Sekretaris Jenderal: dr. Ritola Tasmaya
11. Wakil Sekretaris Jenderal: dr. Diah Defawati Ande latif

12.Bendahara: Suryani Sidik Motik, Ph.D
13. Wakil Bendahara: Ir. J. Dwi Hartanto
14. Anggota: Rapiuddin Hamarung
15. Anggota: Drs. Andi Sinulingga Saruji
16. Anggota: Dr. R. Heru Aryadi, MTh
17. Anggota: Ali Mansori, SH, M. Hum
 
Dewan Kehormatan :
Ketua: Haryono Suyono
Anggota: Aksa Mahmud
Anggota: Meutia Hatta
Anggota: Nana Sukarna
Anggota: Komarudin Hidayat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper