JELANG NATAL & TAHUN BARU 2015: Operator Telekomunikasi Perkuat Jaringan

Sejumlah operator telekomunikasi menambah dan memperkuat kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan data, sms maupun voice saat perayaan Tahun Baru.
Peni Widarti | 02 Desember 2014 17:18 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - Sejumlah operator telekomunikasi menambah dan memperkuat kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan data, sms maupun voice saat perayaan Tahun Baru.

PT XL Axiata Tbk menyiapkan investasi hingga US$10 juta untuk menambah kapasitas di wilayah Denpasar dan diperkirakan proyek penambahan itu rampung pada 15 Desember 2014.

Desy Sari Dewi, Vice President XL East Region, mengatakan penambahan kapasitas memang lebih banyak dilakukan di daerah berbasis wisata karena di wilayah tersebut trafik penggunaan data, sms maupun voice diperkirakan lebih besar.

"Namun kami menambah kapasitas ini bukan hanya untuk liburan saja, tetapi untuk investasi jangka panjang. Kami lakukan menjelang akhir tahun, terutama BTS di Denpasar kami tambah sangat besar kapasitasnya," jelasnya saat ditemui di XL Center Surabaya, Selasa (2/12/2014).

Dia menambahkan, di wilayah Surabaya XL juga telah menambah kapasitas di 800 BTS yang ada dan progresnya sudah mencapai 75%.

"Kami juga perbaiki kualitas jaringan 3G dan 2G agar pelanggan bisa puas dengan layanan kami," ujarnya.

Desy menambahkan dalam pengalaman tahun lalu, dengan menambah kapasitas juga terjadi penambahan pelanggan. Pada akhir tahun ini pun, lanjutnya, diperkirakan ada tambahan hingga 100.000 pelanggan.

"Dalam survei yang pernah kami lakukan, tingkat keberhasilan dalam peningkatan kualitas tidak hanya diukur dari kepuasan pelanggan tetapi juga ada penambahan pelanggan," imbuh Desy.

Berdasarkan data yang diperoleh, pengguna layanan data tahun ini semakin meningkat hingga 50% lebih sedangkan pengguna layanan voice dan sms menurun 15% dibandingkan tahun lalu.

Sepanjang November 2014, trafik layanan sms XL mencapai 148 juta/hari, sedangkan layanan voice tercatat 60 juta menit/hari dan trafik layanan data tercatat 68 GB/hari.

Sementara itu, operator telekomunkasi PT Telkomsel di area Jawa Bali juga menyiapkan program super hotspot yang dipasang di area keramaian atau area yang mengalami lonjakan trafik yang tinggi saat perayaan tahun baru.

"Pertumbuhan layanan data tahun lalu saat tahun baru bisa mencapai 150%, untuk mengantisipasi itu kami siapkan jaringan di point of interest seperti di kawasan Darmo dan Grahadi Surabaya," ujar Yetty Kusumawati, Executive Vice President Telkomsel area Jawa Bali.

Tag : xl axiata, Natal dan Tahun Baru
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top