Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MENTERI KELAUTAN SUSI PUDJIASTUTI, Irman Gusman: Susi Itu Menteri yang Street Smart

Menteri di Kabinet Kerja yang paling banyak diperbincangkan adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yang dinilai hanya berpendidikan rendah dan nyentrik.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti./Bisnis.com
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri di Kabinet Kerja yang paling banyak diperbincangkan adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yang dinilai hanya berpendidikan rendah dan "nyentrik".

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman menilai bahwa Susi adalah sosok yang kreatif dan inovatif.

"Susi itu street smart, artinya pintar di lapangan, kalau sekedar pintar [teori] itu book smart, dia punya karakter yang kreatif dan inovatif yang diperlukan bagi bangsa ini," ujar Irman kepada wartawan, Kamis (29/10/2014).

Terkait dengan latar belakang Susi yang hanya tamatan SMP, ia mengatakan pendidikan tidak jadi soal jika mempunyai suatu keahlian tertentu. Bahkan dia mencontohkan, Wakil Presiden RI yang ketiga, Adam Malik, minim pendidikan namun punya karakter negarawan dan punya skill diplomatik yang hebat.

"Buat saya, pendidikan formal bukan satu-satunya ukuran. Bahkan, Adam Malik sangat piawai dibidang politik, dan diplomasi, serta pernah menduduki posisi penting," ujarnya.

Menurutnya, bahwa justru pola pikir tentang pendidikan itulah yang harus diubah dalam sistem pendidikan Indonesia. Bahwa kompetensi sesorang bukan hanya berdasarkan nilai akademik atau capaian gelar saja.

Buktinya, tambah Irman, Susi punya keberanian untuk mendirikan maskapai penerbangan dan membuka rute penerbangan-penerbangan perintis di pelosok daerah. Padahal, ada pengusaha yang meminta subsidi dan tidak semua berani menghadapi resiko ini.

"Beliau ini punya sense of entrepreneurship yang tinggi. Menurut saya ini luar biasa, dia punya semangat kompetetitif yang tinggi, ini yang harus dicontoh oleh nelayan dan pelaut-pelaut kita," katanya.

Biarpun demikian, terkait dengan kebiasaan merokoknya, Irman memberikan masukan, bahwa sebagai tokoh masyarakat, dirinya harus menyesuaikan diri dengan tuntutan norma dan aturan yang berlaku. Karena itu, kebiasaan merokok di depan umum sebaiknya dihindari.

"Merokok dan punya tato itu sifatnya personal, namun menjadi berbeda karena sebagai pejabat publik dia harus menyesuaikan diri. Kalau dulu dia sebagai pengusaha bisa bebas," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper