Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABUT APAS: 24.287 Warga Kalsel Terserang ISPA

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Tengah mencatat sebanyak 24.287 warga di provinsi ini menderita infeksi saluran pernafasan akut (Ispa) akibat pekatnya kabut asap.
Masker /antara
Masker /antara

Bisnis.com, PALANGKARAYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Tengah mencatat sebanyak 24.287 warga di provinsi ini menderita infeksi saluran pernafasan akut (Ispa) akibat pekatnya kabut asap.

"Jumlah penderita ISPA tersebut merupakan data dua bulan terakhir, yakni Agustus dan September 2014, yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota," kata Kepala BPBD Kalteng Mochtar di Palangka Raya, Senin (6/10/2014).

Penderita ISPA terbanyak berada di Kabupaten Kapuas, mencapai 4.654 orang.

"Kabut asap akibat kebakaran lahan semakin parah dan mengganggu kesehatan masyarakat. Ini harus menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan maupun lahan," kata Mochtar.

Dia menyarankan masyarakat yang merasa menderita batuk-batuk dan gangguan pernafasan segera memeriksakan kesehatan ke puskesmas atau rumah sakit agar tidak semakin parah.

"Kalau keluar rumah juga harus menggunakan masker, apalagi sekarang kabut asap semakin pekat. Jangan lupa minum air putih yang banyak supaya imunitas kita terjaga," saran Muchtar.

Dia mengimbau semua pihak agar tidak lagi membakar lahan dengan alasan apapun, karena kondisi Provinsi Kalteng sudah sangat memprihatinkan akibat tebalnya kabut asap.

"Jangan pernah lagi membakar lahan, karena akibatnya bukan hanya untuk anda tapi juga untuk orang lain. Yang membakar enak saja karena lahannya cepat bersih tapi masyarakat lain yang ikut menghirup asapnya sampai sakit," demikian Mochtar.

Penderita ISPA di Kalimantan Tengah.

Kabupaten/Kota

Orang

Kapuas

4.654

Kota Palangka Raya

4.440

Kotawaringin Timur

2.594

Barito Timur

1.922

Katingan

1.816

Barito Selatan

1.672

Kotawaringin Barat

1.540

Murung Raya

1.167

Sukamara

1.058

Pulang Pisau

924

Gunung Mas

838

Lamandau

709

Barito Utara

571

Seruyan

382

SumberBPBD Kalteng, Oktober 2014 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper