Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFO HAJI 2014: Inilah Kloter Terakhir Jamaah Indonesia

Rombongan terakhir jamaah calon haji Indonesia yakni Kloter 27 Embarkasi Makassar (UPG-27) telah mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, pukul 21.15 WIB Minggu (28/9/2014).

Bisnis.com, JEDDAH--Rombongan terakhir jamaah calon haji Indonesia yakni Kloter 27 Embarkasi Makassar (UPG-27) telah mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, pukul 21.15 WIB Minggu (28/9/2014).

Kloter yang diangkut dengan Pesawat Garuda Indonesia GA-2108 itu sebanyak 379 orang, tulis laman Kementerian Agama, Senin dini hari (29/9/2014).

Kloter ini merupakan gabungan dari tiga embarkasi, yaitu embarkasi Ujungpandang 145 jamaah, embarkasi Lombok 115 jamaah, dan embarkasi Banda Aceh 8 Jamaah.

Sebelumnya pukul 15.25 WAS mendarat Jamaah dari kloter 71 Embarkasi Solo (SOC-71) dengan total jamaah 349 orang. Kloter ini gabungan dari dua embarkasi, yaitu Solo 302 jamaah dan Medan 47 orang.

Kloter terkahir ini merupakan kloter ‘sapu jagad’, yang berisi jamaah ‘titipan’ yaitu jamaah yang sudah masuk embarkasi tetapi tidak bisa berangkat bersama rombongannya karena sakit sehingga diikutkan kelompok terbang terakhir.

Karena kloter sapu jagad, maka kloter berlimpah jamaah resiko tinggi (risti), jamaah tua, dan jamaah berkursi roda.

Total jamaah calon haji yang telah masuk di Tanah Suci sebanyak 154.467 Jamaah dari 375 kelompok terbang (kloter) dari 13 Embarkasi, yaitu Batam (BTH), Medan (MES), Padang (PDG), Makassar (UPG), Solo (SOC), Balikpapan (BPN), Bekasi (JKS), Pondok Gede (JKG), Surabaya (SUB), Banda Aceh (BTJ), Lombok (LOP), Banjarmasin (BDJ), dan Palembang (PLM).

Sedangkan Jamaah Calon Haji yang diberangkatkan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang sudah mendarat di Bandara KAIA Jeddah sampai pukul 21.30 WAS berjumlah 9.259 Jamaah dari 116 PIHK (Haji Khusus).

Selain jamaah Reguler dan Khusus, sampai malam ini masih masih terlihat puluhan jamaah non-kuota yang terlantar di plaza kedatangan jamaah.

Dari pantauan Tim Media Center Haji, Kemenag, ada dua rombongan jamaah non-kloter yang sudah menunggu sekitar 6 jam, yaitu jamaah dari PT. Al-Aziz Tour & Travel sebanyak 24 jamaah dan dari Izza Group Haji, Umroh & Wisata Islam sebanyak 22 jamaah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper