Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Paus Fransiskus Akan Revisi Hukum Pembatalan Pernikahan

Paus Fransiskus dikabarkan telah membentuk sebuah komisi untuk merevisi prosedur pembatalan pernikahan dalam hukum kanonik Gereja Katolik.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 21 September 2014  |  00:35 WIB
Paus Fransiskus Akan Revisi Hukum Pembatalan Pernikahan
Bagikan

Bisnis.com, VATIKAN CITY – Paus Fransiskus dikabarkan telah membentuk sebuah komisi untuk merevisi prosedur pembatalan pernikahan dalam hukum kanonik Gereja Katolik.

Dikutip Reuters, Sabtu (20/9/2014), komisi beranggotakan 11 teolog dan pakar hukum kanonik tersebut akan memberi usulan penyederhanaan prosedur pembatalan pernikahan sambil tetap menjaga prinsip kekekalan pernikahan yang dianut Gereja.

Gereja Katolik tidak mengenal istilah perceraian, melainkan pembatalan pernikahan. Dalam aturan tersebut, pernikahan menjadi batal apabila tidak terpenuhinya prasyarat seperti kedua pasangan menikah secara terpaksa, belum matang, dan memiliki iman yang berbeda.

Seorang Katolik yang hendak bercerai harus mengajukan pembatalan kepada pastor paroki, untuk diteruskan ke pengadilan keuskupan. Oleh kalangan reformis, proses ini dianggap menyulitkan dan perlu dihapus.

Apabila tidak melalui proses tersebut, seorang Katolik yang kemudian menikah kembali di luar Gereja dianggap masih menikah dengan pasangannya yang pertama dan hidup dosa. Keadaan ini menghalangi mereka untuk menerima sakramen seperti komuni.

Isu ini kerap memicu perdebatan, khususnya di Amerika Serikat dan Jerman. Vatikan akan mengangkat tema ini dalam sinode uskup dari seluruh dunia bulan depan.

Kelompok uskup progresif mengatakan Gereja semestinya lebih welas asih dengan orang-orang yang pernikahannya belum dibatalkan. Paus sendiri mengindikasikan dia terbuka dengan perubahan.

Hal ini ditunjukkan mantan Uskup Agung Buenos Aires itu minggu lalu, dengan menikahkan 20 pasangan, yang sebagiannya telah hidup bersama dan punya anak, di Vatikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vatikan pernikahan paus paus fransiskus

Sumber : Reuters

Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top