Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INTILAND DEVELOPMENT (DILD) Giat Kembangkan Kawasan Pantai Utara Jakarta

PT Intiland Develpoment Tbk menggiatkan program pengembangan kawasan pantai utara Jakarta untuk mempercantik wajah Ibu Kota.
Di kawasan Pantai Mutiara, Intiland telah membangun kondominium yang dinamai Regatta. /Bisnis.com
Di kawasan Pantai Mutiara, Intiland telah membangun kondominium yang dinamai Regatta. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Intiland Develpoment Tbk menggiatkan program pengembangan kawasan pantai utara Jakarta untuk mempercantik wajah Ibu Kota.

Wakil Presiden Direktur Intiland Suhendro Prabowo mengatakan salah satu langkah untuk mengembangkan kawasan pantai utara Jakarta adalah dengan ikut ambil bagian dalam proyek reklamasi 17 pulau di utara Jakarta.

Pengembang properti dengan pengalaman lebih dari 40 tahun tersebut sebelumnya telah memulai pengembangan wilayah pantai utara Jakarta dengan mengembangkan kawasan Pantai Mutiara seluas 100 hektar sejak 1989. Pada masa itu belum ada pengembang lain yang melakukan reklamasi untuk membangun kawasan perumahan.

"Kami memandang daerah pantai adalah wajah sebuah kota bahkan negara, karena itu harus dikembangkan dengan baik. Karena itulah kami mengembangkan Pantai Mutiara," ucap Suhendro di Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Menurutnya, lokasi Pantai Mutiara menjadi salah satu area yang dilewati jalur penerbangan pesawat yang akan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Oleh karena itu, area Pantai Mutiara dinilai sebagai wajah kota Jakarta yang menyambut kedatangan tamu baik dari luar kota, maupun dari luar negeri.

Di kawasan Pantai Mutiara, Intiland telah membangun kondominium yang dinamai Regatta. Pengembangan ini terdiri dari 10 tower apartemen dan satu hotel. Saat ini telah dibangun empat tower apartemen dan pembangunan tahap II yang terdiri dari tiga tower sedang dilakukan.

Sedangkan proyek pengembangan pulau baru di utara kawasan utara pantai Jakarta dipandang Intiland sebagai solusi masalah kepadatan penduduk dan keterbatasan lahan di Jakarta. "Pengembangan pulau baru akan mengakomodasi kebutuhan kota yang semakin besar," pungkas Suhendro.

Proyek reklamasi 17 pulau di utara Jakarta memiliki total luas reklamasi pulau seluas 5.100 hektar, PT Intiland memiliki hak reklamasi pulau seluas 63 hektar.

Para pengembang akan membangun 17 pulau buatan yang saling terhubung dengan daratan. Saat ini, ke-17 pulau tersebut diberi nama sesuai urutan abjad. Pulau yang dibangun oleh Intiland merupakan pulau yang mendapat sebutan pulau H.

Pulau-pulau tersebut berjarak 300 meter dari daratan. Proses pengurukan ke-17 pulau yang ditargetkan selesai pada tahun 2030 itu menggunakan pasir yang diambil dari laut di wilayah yang telah ditentukan.

Pengembang yang berkomitmen menggarap 17 pulau itu antara lain PT Intiland, PT Pelindo, PT Manggala Krida Yuda, PT Pembangunan Jaya Ancol, PT Jakarta Propertindo, PT Muara Aisesa Samudra, PT Saladri Ekapaksi, dan PT Kapuk Naga Indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper