Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Penerbangan Pesawat PM Jepang Tersebar Luas di Internet

Pemerintah Jepang mengakui rincian tentang jalur penerbangan dan lokasi persisi pesawat perdana menteri mereka telah terpublikasi dalam jaringan (daring) di Internet untuk diketahui semua orang.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Jepang mengakui rincian tentang jalur penerbangan dan lokasi persisi pesawat perdana menteri mereka telah terpublikasi dalam jaringan (daring) di Internet untuk diketahui semua orang.

Dalam pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang, situs Internet dan aplikasi seluler pelacak lalu-lintas udara di seluruh dunia, Flightradar 24, mempunyai informasi rinci tentang penerbangan resmi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ketika dia berkunjung ke luar negeri.

Setiap pengguna layanan Flightradar 24 akan dapat memantau lokasi di mana pesawat resmi Pemerintah Jepang berada yang seringkali dipakai pula oleh Kaisar dan Permaisuri Jepang itu.

Kementerian Pertahanan Jepang yang bertanggung jawab atas pesawat resmi Pemerintah Jepang tidak lazim mengungkapkan detail penerbangan pesawat itu menyusul risiko keamanannya.

Namun, harian terkemuka Jepang Yomiuri Shimbun mencatat koordinat dan ketinggian sebenarnya dari Pesawat Pemerintah Jepang Satu dan Dua itu tersedia secara daring di Internet.

"Kementerian meminta perusahaan itu untuk membuat perubahan pada 8 Agustus dan terkonfirmasi perusahaan mengambil tindakan pada 27 Agustus," kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang.

Juru bicara itu menambahkan kementeriannya tidak menganggap rincian informasi pesawat nomor satu di Jepang itu akan berdampak serius terhadap keselamatan penerbangan resminya.

"Tapi, itu tidak lebih baik jika informasi yang dirahasiakan telah terbuka dan tersedia secara umum," ujarnya. (ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper