Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lolos ke Senayan, Syarief Hasan Mundur sebagai Menkop & UKM

Menteri Koperasi & UKM Sjariffudin Hasan memastikan mengundurkan diri dari jabatannya karena telah terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014 2019.
Menkop & UKM Syarief Hasan/Antara
Menkop & UKM Syarief Hasan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Koperasi & UKM Sjariffudin Hasan memastikan akan mengundurkan diri dari jabatannya karena telah terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014–2019.

Syarief menyatakan tidak akan melakukan rangkap jabatan sehubungan dengan jabatan barunya sebagai anggota legislatif beberapa saat sebelum pergantian pemerintahan.

Anggota DPR periode 2014-2019 akan dilantik pada 1 Oktober atau sekitar 3 pekan sebelum kabinet yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berakhir pada 20 Oktober 2014.

Menurutnya, dia akan melaporkan rencana pengunduran dirinya tersebut kepada SBY sesegera mungkin setelah keluar keputusan Mahkamah Konstitusi.

“Kebijakan ada di Pak Presiden. Nanti sebelum dilantik saya mengundurkan diri, kemudian menunggu Keputusan Presiden,” ujarnya usai menyaksikan Pawai Seni Budaya Kreatif di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (18/8/2014).

Menurut Syarief,  akan ada menteri ad interim yang mengganti posisinya

“Biasanya ada [menteri] ad interim yang dijabat menteri lain. Belum ada pembahasan. Tetapi kebijakan ada di Pak Presiden,” katanya.

Syarief terpilih menjadi anggota DPR RI dari Partai Demokrat. Selain Syarief, masih ada dua menteri asal Partai Demokrat yang juga terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014–2019 yakni Jero Wacik yang saat ini menjabat Menteri ESDM dan EE Mangindaan yang saat ini menjabat Menteri Perhubungan.

Dia menegaskan Partai Demokrat di parlemen akan berperan sebagai penyeimbang.

“Kita dukung kalau programnya sesuai dengan kita. Kalau tidak ya kita kritisi. Kita kasih solusi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper