Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APJII Jabar Segera Implementasi Internet Exchange (IX)

Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jabar menargetkan pusat interkoneksi antar ISP yang ada di Jabar atau dikenal dengan Internet Exchange (IX) Jabar dapat mulai terealisasi dalam waktu dekat.

Bisnis.com, BANDUNG--Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jabar menargetkan pusat interkoneksi antar ISP yang ada di Jabar atau dikenal dengan Internet Exchange (IX) Jabar dapat mulai terealisasi dalam waktu dekat.

Ketua APJII Jabar Sony Setiadi mengungkapkan sejauh ini beberapa vendor yang terkait  sudah melakukan konfirmasi untuk membantu pembangunan program IX Jabar tersebut baik dalam bentuk link fiber optic atau akses point gratis Jakarta-Bandung dan juga perangkat-perangkat untuk kebutuhan internal.

"Beberapa perusahaan atau vendor Internet Service Provider (ISP) di daerah sudah siap untuk membantu terlaksananya Internet Exchange Jabar tersebut dengan memberikan berbagai fasilitas gratis," katanya, Minggu (17/8/2014).

Sony mengatakan rencananya dalam waktu beberapa hari ini APJII akan melayangkan surat pada masing-masing vendor yang sudah menyatakan komitmennya untuk membantu program ini agar proses aktifasi Internet Exchange Jabar tersebut dapat dilakukan sesuai dengan waktu yang direncanakan.

Program ini diharapkan menjadi program awal APJII di Jabar yang diharapkan dapat bermanfaat dan mendorong bisnis masing-masing perusahaan ISP di daerah. Hingga saat ini APJII Jabar membawahi sekitar 40 perusahaan ISP di daerah.

"Kami menargetkan satu bulan ke depan Internet Exchange Jabar ini sudah mulai established. Program ini diharapkan dapat menjadi starting point bagi bisnis para pelaku ISP dengan keuntungan konten dan bandwidth yang ditawarkan."

Salah satunya contohnya keuntungannya yaitu komunitas pengguna Internet pengguna ISP yang berada di belakang APJII Jabar dapat memanfaatkan fasilitas bandwidth dua kali 1Gbps untuk server yang berada di Jakarta dan bandwidth dua kali 200 Mbps untuk server yang berada di Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ria Indhryani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper