Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELANG LEBARAN: Pemprov Sulut Temukan Makanan Kedaluwarsa di Manado

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menemukan bahan dan produk makanan yang sudah kedaluwarsa di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Manado.
Masyarakat perlu hati-hati dalam membeli makanan, baik di pasar tradisional maupun supermarket.  /Bisnis
Masyarakat perlu hati-hati dalam membeli makanan, baik di pasar tradisional maupun supermarket. /Bisnis

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menemukan bahan dan produk makanan yang sudah kedaluwarsa di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Manado.

Pemerintah setempat tengah gencar menggalakkan razia makanan kedaluwarsa karena ditengarai marak beredar menjelang Hari Raya Idulfitri.

Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil, yang didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Sanny Parengkuan serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Olvie Ateng dan sejumlah pejabatan lainnya, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di empat pasar swalayan di Kota Manado.

Sidak tersebut dimulai dari pasar swalayan Multi Mart Ranotana, Fresh Mart Bahu, Hypermart Manado Town Square (Mantos), dan berakhir di pasar swalayan Golden di Jalan Sam Ratulangi Manado.

Dalam sidak kali ini, Wagub menemukan bahan makanan yang sudah kedaluwarsa di swalayan Multi Mart Ranotana, yaitu bahan makanan berjenis kolang kaling yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa.

Demikian pula di swalayan Golden, Wagub menemukan salah satu produk jenis kopi bubuk yang sudah lewat masa berlakunya, kopi bubuk dari Malaysia yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa, beberapa kue lapis legit merek Monica yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa, dan beberapa produk yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsanya.

Wagub mendesak manajemen pasar swalayan lebih memperhatikan produk-produk yang sudah memasuki masa kedaluwarsa, mengingat umat muslim saat ini sedang mempersiapkan Hari Raya Idulfitri.

“Karena itu masyarakat perlu hati-hati dalam membeli makanan, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Jangan tergiur dengan harga murah, tetapi perlu memperhatikan batas tanggal kedaluarsanya, “ kata Kansil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper