Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ISRAEL SERANG GAZA: Hamas Membalas dengan Tembakkan Roket

Milisi Palestina menekan pasukan Israel lewat serangan darat di Jalur Gaza dengan terus menembakkan roket jauh ke jantung Israel, Sabtu (19/7/2014), mendorong korban tewas hingga 300 jiwa dalam hampir dua pekan konflik.
Israel terus menggempur Palestina. Hamas membalas dengan menembakkan roket.
Israel terus menggempur Palestina. Hamas membalas dengan menembakkan roket.

Bisnis.com, GAZA CITY--Milisi Palestina menekan pasukan Israel lewat serangan darat di Jalur Gaza dengan terus menembakkan roket jauh ke jantung Israel, Sabtu (19/7/2014), mendorong korban tewas hingga 300 jiwa dalam hampir dua pekan konflik.

Para pejabat Palestina mengatakan 65 warga Palestina, setidaknya 15 dari mereka berumur di bawah 18 tahun, tewas sejak Israel mengirim pasukan darat, Kamis (17/7/2014), ke kantong padat penduduk 1,8 juta warga.

Selama itu, 135 roket telah ditembakkan dari Gaza meskipun banyak yang ditembak jatuh oleh perisai pertahanan rudal Israel Iron Dome, termasuk beberapa yang melintas di atas ibukota negara Tel Aviv, sehingga membuat tidak ada korban di kubu Israel.

Militer Israel menyebutkan mereka telah membunuh 17 orang bersenjata Palestina, sedangkan 21 orang menyerah dan dibawa untuk diinterogasi setelah infantri dan tank serangkan dimulai di teritori yang didominasi oleh Hamas.

Satu tentara Israel tewas dalam suatu insiden kebakaran, kata militer, dan beberapa tentara lainnya terluka dalam operasi darat. Sekitar 240 target, termasuk peluncur roket tersembunyi dan 10 terowongan, telah diserang.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Jumat (18/7/2014), mengatakan telah berbicara dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, menegaskan dukungan Washington kepada Israel untuk mempertahankan diri, tetapi meningkatkan kekhawatiran tentang ‘risiko eskalasi lebih lanjut’ dan bertambahnya kehilangan nyawa tak berdosa.

“Kami berharap Israel melanjutkan pendekatan yang meminimalkan korban sipil,” kata Obama kepada wartawan di Gedung Putih seperti dikutip Reuters.

Sekjen PBB Ban Ki-moon berencana melakukan perjalanan ke Timur Tengah  hari ini untuk mengakhiri permusuhan.

Dalam sidang darurat Dewan Keamanan PBB kemarin, Kepala Urusan Politik PBB Jeffrey Feltman mengutuk serangan roket ke Israel, tetapi menyuarakan alarm  atas ‘respons berat Israel’.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper