Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pandangan Cawapres JK Soal Ekonomi Indonesia

Cawapres, Jusuf Kalla (JK) memaparkan pandangannya soal perekonomian Indonesia seusai menghadiri rapat koordinasi dan pembentukan tim pemenangan Joko Widodo (Jokowi)-JK di Kantor DPP NasDem.
Jusuf Kalla/
Jusuf Kalla/

Bisnis.com, JAKARTA--Cawapres, Jusuf Kalla (JK) memaparkan pandangannya soal perekonomian Indonesia seusai menghadiri rapat koordinasi dan pembentukan tim pemenangan Joko Widodo (Jokowi)-JK di Kantor DPP NasDem.

JK berpandangan bahwa Indonesia harus memiliki kemandirian ekonomi dalam segala sektor. Kemandirian tersebut tidak akan terwujud, jika sektor strategis perekonomian di Indonesia masih dikuasai oleh negara asing.

"Pada dasarnya, bagaimana kemajuan berjalan bersama kemandirian bangsa. Perikanan dikuasai kembali, pertambangan dikuasai kembali, infrastruktur diperbaiki, inflasi diturunkan, itu saja," tutur JK.

Selain itu, JK mengatakan bahwa Indonesia sebagai negara berkembang harus membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk masyarakat.

"Dalam negara seperti ini, tentu program utamanya membawa orang lebih banyak bekerja. Karena itu, sektor pertanian, tapi manufakturing juga yang memberikan kerjaan sama pentingannya," kata JK.

Selanjutnya menurut JK, pembangunan infrastruktur juga tidak kalah penting untuk membuat Indonesia semakin maju. Diantaranya dengan cara meremajakan pelabuhan-pelabuhan yang saat ini dimiliki Indonesia.

Selanjutnya bidang pendidikan juga harus dikedepankan untuk membuat sebuah negara berkembang menjadi negara maju. JK berpandangan bahwa pendidikan harus lebih diprioritaskan saat ini.

"Dibelakang itu baru pendidikan. Baik dasar maupun menengah harus sejalan, jadi pada dasar nya semuanya itu prioritas. Semua prioritas, maka semua penting," ujar JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper