Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beri Kuliah Umum, Jokowi Bilang Pemimpin Jangan Cuma Kerja di Kantor

Calon Presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo (Jokowi) memberikan kuliah umum di depan mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) dan relawan dengan tema tiga pilar kebangsaan.
 Gubernur DKI Joko Widodo/Antara
Gubernur DKI Joko Widodo/Antara

Bisnis.com, TOMOHON - Calon Presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo (Jokowi)  memberikan kuliah umum di depan mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) dan relawan dengan tema tiga pilar kebangsaan.

Kuliah umum tersebut digelar di Auditorium Bukit Inspirasi Convention and Hall, Tomohon, Sulawesi Utara.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan tiga pilar kebangsaan yaitu kedaulatan politik, kedaulatan ekonomi, dan kepribadian dalam kebudayaan.

"Kedaulatan politik itu artinya negara ikut hadir dalam pembangunan di masyrakat, contoh kecilnya pemimpin harus bekerja bersama rakyat, jangan cuma kerja di kantor," ucap Jokowi, Sabtu (10/5/2014).

Mantan Walikota Kota Solo ini juga mencontohkan kegiatan blusukannya selama menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Kedaulatan ekonomi harus segera ditegakkan karena sekarang banyak pihak asing di Indonesia," lanjutnya.

Karena ingin menegakkan ekononomi inilah Jokowi merevitalisasi pasar-pasar tradisional di Jakarta seperti Pasar Tanah Abang dan Pasar Gondangdia.

Capres yang berciri khas kemeja putih ini tidak ingin pasar tradisional tergilas dengan supermarket yang merajalela di Ibu Kota.

"Makanya kita bikin pasar yang nyaman, enggak becek, biar ibu-ibu mau belanja di sana. Pedagang juga dapat tempat jualan yang enak,"katanya.

Pilar yang ketiga adalah kepribadian dalam kebudayaan. Jokowi mencontohkan mengenai konflik yang sempat terjadi ketika dirinya melantik Lurah Susan sebagai lurah di Lenteng Agung.

Dia menjelaskan sekitar 90% warga Lenteng Agung beragama Muslim dan menolak pelantikan Lurah Susan yang beragama Kristen.

"Tapi saya enggak mengganti Bu Susan karena memang sudah dites dan memenuhi syarat. Yang penting kompeten, bukan masalah agamanya apa."

Capres Jokowi memberikan kuliah umum ini selama satu jam dan berakhir pukul 13.00 WITA. Setelah selesai memberikan kuliah umum, Jokowi beserta rombongan segera menuju Bandara Sam Ratulangi untuk melanjutkan perjalanan menuju Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper