Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Elpiji 12 Kg Diprediksi Tumbuh 5%

Penjualan elpiji kemasan 12 kilogram di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara pada 2013 tumbuh 5% dan kenaikan di kisaran yang sama diprediksi berlanjut pada tahun ini.
Elpiji 12 kg/JIBI
Elpiji 12 kg/JIBI

Bisnis.com, SURABAYA- Penjualan elpiji kemasan 12 kilogram di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara pada 2013 tumbuh 5% dan kenaikan di kisaran yang sama diprediksi berlanjut pada tahun ini. 

Domestik Gas Manager PT Pertamina Marketing Operation Region V (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara) Alfareda Adrianto Elifas menguraikan pada 2013 penjualan elpiji kemasan 12 kilogram sebesar 1,1 juta tabung.
 
"Jumlah itu tumbuh di kisaran 5%, jadi meski harga sempat naik tapi permintaan tetap tinggi. Faktornya bisa jadi lebih efisien menggunakan ukuran itu," jelasnya di Surabaya, Kamis (3/4/2014).
 
Menurutnya, ada sebagian konsumen yang nyaman menggunakan elpiji 12 kilogram karena waktu pemakaian lebih lama. Oleh karenanya, perseroan optimis pertumbuhan di kisaran 5% pula pada tahun ini.
 
"Kelebihan efisiensi pemakaian tetap bisa mendorong elpiji 12 kilogram tumbuh meski harga menyesuaikan dengan tingkat keekonomian," urainya.
 
Pertamina awal Januari lalu menaikkan harga Rp1.000 per kg elpiji tabung kemasan 12 kg sehingga harga eceran di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara berkisar Rp89.000-Rp104.900/tabung.
 
General Manager Marketing Operation Pertamina Region V Giri Santoso menguraikan pertumbuhan permintaan elpiji kemasan tabung 12 kg di Gresik mencapai 7%, Surabaya 2% dan Bali tumbuh 3%.
 
"Pertumbuhan kelas menengah menjadikan produk yang dinilai memudahkan direspons positif," urainya.
 
Sementara di segmen pasar premium, Pertamina memperkenalkan elpiji kemasan 12 kilogram bermerek Bright Gas dengan harga jual Rp115.000. Tampilan kemasan dan layanan pembelian menjadikan pembeda dengan elpiji kemasan serupa yang sudah beredar. 
 
Pertamina Region V menargetkan pada 2014 bisa menjual Bright Gas 30.000 tabung di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat maupun Timur. Produk serupa sebelumnya hanya dipasarkan di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi.
 
"Saya kira banyak rumah mewah, apartemen, yang pemiliknya memerhatikan tabung gas yang nyaman dilihat dan mudah pembeliannya sehingga kami yakin produk ini bisa direspons positif," tegasnya.
 
Giri menilai kelebihan layanan penjualan produk Bright Gas antara lain pesanan sampai 30 menit setelah diorder. Adapula program penggantian unit bila catnya rusak, sehingga penampilan tabung tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper