Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Figur Jokowi Dan Prabowo Menguat

PDIP, Golkar dan Partai Gerindra akan menjadi pemuncak pada Pemilu 2014 seiring menguatnya popularitas figur calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto.
jokowi
jokowi

Bisnis.com, JAKARTA--PDIP, Golkar dan Partai Gerindra akan menjadi pemuncak pada Pemilu 2014 seiring menguatnya popularitas figur calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Demikian disimpulkan dari hasil survei yang dilakukan Charta Politika pada 1 sampai 8 Maret 2014. Dengan menggunakan cara penarikan sampel acak bertingkat, penelitian itu menggunakan 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan 95%.

Menurut survei itu, PDIP meraih 21,2% suara dan disusul masing-masing oleh Golkar (16,4%) dan Gerindra (12%). Sedangkan di peringkat papan tengah terdapat tiga partai masing-masing Demokrat (8%), PKB (7,2%) dan PPP (5,1).

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan terjadinya perubahan peta persaiangan parpol menjelang Pemilu 2014 disebabkan banyak faktor. Salah satu hal yang menarik dalam survei itu, ujarnya, adalah menguatnya gejala personalisasi di tingkat partai politik.

Menurutnya parpol cenderung menjadi fans club yang terlihat dari menguatnya peran dan pengaruh tokoh kunci parpol. Namun demikian, kondisi itu dikhawatirkan akan memperlemah penguatan pelembagaan partai.

Terkait penguatan figur, lebih jauh survei itu menunjukkan 57% pemilih PDIP mengaku memilih partai itu karena tertarik dengan Jokowi. Sedangkan 47,9% pemilih Gerindra mengaku memilih partai itu karena faktor Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper