Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hati-hati! El Nino Diprediksi Mengancam pada Mei-Juli

Anomali cuaca yang disebut gejala El Nino diprediksi akan terjadi pada Mei-Juli pada tahun ini. Terjadinya El Nino akan memengaruhi cuaca di seluruh dunia dan dapat mengacaukan pasar pertanian, karena para petani bertarung dengan kekeringan atau tingginya curah hujan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MELBOURNE - Anomali cuaca yang disebut gejala El Nino diprediksi akan terjadi pada Mei-Juli pada tahun ini. Terjadinya El Nino akan memengaruhi cuaca di seluruh dunia dan dapat mengacaukan pasar pertanian, karena para petani bertarung dengan kekeringan atau tingginya curah hujan.

Badan Meteorologi Australia menjelaskan saat ini peningkatan gejala El Nino akan mengarah pada kemungkinan terjadinya kekeringan di seluruh Asia Tenggara dan Australia timur, serta potensi banjir di Amerika Selatan.

Fenomena tersebut sering terjadi saat berakhirnya musim dingin menjadi lebih hangat di Amerika bagian utara, dan menyebabkan hujan lebih lebat di Amerika bagian selatan.

Terakhir kali, El Nino terjadi pada 2009-2010 saat itu dikategorikan pada level lemah sampai sedang. Sementara El Nino paling parah terjadi pada 1998 yang menewaskan hingga 2.000 orang dan menyebabkan kerugian hingga miliar dolar karena kerusakan tanaman, infrastruktur dan tambang di Australia dan beberapa daerah di Asia.

"Survei terbaru menunjukkan model iklim tropis di wilayah pasifik sangat mungkin untuk memanas dalam beberpa bulan mendatang," papar Badan Meteorologi Australia seperti yang dikutip Bloomberg, Selasa (25/3/2014).

Selain itu, hasil dari survei tersebut juga menunjukkan model suhu di permukaan laut mencapai ambang batas El Nino selama musim dingin di belahan bumi selatan.

"Dua semburan angin barat yang kuat sejak awal tahun ini membuat air di bawah permukaan samudera Pasifik telah menghangan secara signifikan dalam dua bulan terakhir," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper