Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Malaysia Airlines Hilang:Ini Penjelasan Menhan Malaysia, China Akui Salah

Pernyataan Menteri Pertahanan dan bertindak sebagai Menteri Transportasi Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein pada konferensi pers pada pencarian untuk penerbangan hilang, MH370 , di Sepang , Selangor , Kamis (13/3/2014).
Inilah hasil temuan China yang bikin heboh. China akui kesalahan/CCTV America
Inilah hasil temuan China yang bikin heboh. China akui kesalahan/CCTV America

Bisnis.com, KUALA LUMPUR  - Berikut ini adalah pernyataan Menteri Pertahanan dan bertindak sebagai Menteri Transportasi Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein pada konferensi pers pada pencarian untuk penerbangan hilang , MH370 , di Sepang , Selangor , Kamis (13/3/2014).

"Sekarang hari keenam  sejak MH370 menghilang. Saat ini, ada 43 kapal dan 40 pesawat melakukan pencarian di Laut Cina Selatan (26 kapal dan 25 pesawat) dan Selat Melaka (17 kapal dan 15 pesawat).

" Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari seluruh dunia. Setiap hari berlalu, tugas menjadi lebih sulit. Seperti biasa, pikiran dan doa kami dengan keluarga mereka yang ada di pesawat. Kami akan all out  dalam upaya kita untuk menemukan MH370."

"Sebelum saya menjawab pertanyaan, saya ingin menjernihkan beberapa masalah .

Mesin data
"Saya ingin merujuk pada laporan berita yang menyatakan  pesawat mungkin terus terbang untuk beberapa waktu setelah kontak terakhir. Ketika Malaysia Airlines  lama mengkonfirmasi, karena laporan tersebut tidak akurat."

"Transmisi terakhir dari pesawat itu pada 01.07  menunjukkan  semuanya normal. Rolls Royce dan tim Boeing berada di sini di Kuala Lumpur dan telah bekerja dengan MAS dan tim investigasi sejak Minggu. Masalah ini tidak pernah diangkat."

" Setiap kali ada rincian baru, mereka harus membuktikan. Karena laporan media hari ini, MAS telah meminta Rolls Royce dan Boeing khusus tentang data ini.  Rolls Royce dan Boeing yang bersangkutan, laporan tersebut tidak akurat."

Cina Citra Satelit

" Pesawat pengintai  Malaysia Maritime Enforcement Agency  dikirim pagi ini untuk menyelidiki puing-puing potensial yang ditampilkan pada citra satelit China.  Kami mengerahkan  aset kami, tapi tidak menemukan apa pun. Kami telah menghubungi Kedutaan Besar China, dan  memberitahu kami sore ini bahwa gambar yang dirilis adalah kesalahan, dan tidak menunjukkan puing-puing dari MH370.

 "Pesawat ini telah sepenuhnya dilayani dan siap untuk terbang sesuai dengan catatan teknik dan pemeliharaan. Semua pemeriksaan pemeliharaan berada di urutannya.  Layanan pemeliharaan rutin yang terakhir dilakukan pada 23 Februari 2014 , layanan berikutnya jatuh tempo pada 19 Juni.

Radar Sinyal

" Hal ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan  sebuah pesawat telah melewati ke Selat Melaka. Kami memiliki tugas untuk menginvestigasi kemungkinan apapun. Kami berutang kepada keluarga mereka yang ada di penerbangan untuk menindaklanjuti setiap petunjuk."

"Atas dasar itu, kami mengirim kapal dan pesawat tambahan untuk mencari daerah tersebut. Namun, upaya utama kami telah berada di Laut Cina Selatan .

"Kami bekerja sangat erat dengan FAA dan NTSB. Tim AS berpandangan  ada  alasan yang kuat bagi pihak berwenang Malaysia untuk mengerahkan sumber daya untuk melakukan pencarian di sisi barat Semenanjung Malaysia. Dalam keadaan ini adalah tepat untuk melakukan pencarian jika bukti menunjukkan ada kemungkinan untuk menemukan pesawat yang hilang."

Data mentah

"Semoga  yang saya sampaikan Anda bisa mengerti, kita tidak  biasa  merilis data mentah dari radar militer kita. Tapi dalam kasus ini kami telah menempatkan upaya pencarian di atas keamanan nasional kita. Kami telah berbagi data kami dengan mitra internasional kami, termasuk Amerika Serikat dan China, untuk membantu upaya pencarian."

Investigasi polisi ke Pilot
"Laporan menunjukkan bahwa polisi Malaysia menggeledah rumah-rumah awak MH370 tidak benar, dan Kepolisian Kerajaan Malaysia telah mengeluarkan pernyataan terkait  efek itu.

Response Malaysia

"Respon saya Malaysia ingin  menyentuh pada pertanyaan . Pertama , situasi ini belum pernah terjadi sebelumnya. MH370 pergi dengan diam, sementara di laut terbuka. Kami berada di tengah-tengah tim pencari  multinasional yang melibatkan banyak negara dan lebih dari 80 kapal dan pesawat."

"Ini adalah situasi krisis. Ini adalah operasi yang sangat kompleks, dan itu tidak selalu mudah. Kami mengabdikan seluruh energi kita untuk tugas di tangan. Dan saya ingin menjadi sangat jelas : . . . Fokus kami adalah untuk menemukan pesawat. Kami tidak melakukan apa pun yang bisa membahayakan upaya pencarian."

"Ada saat-saat ketika kita belum mampu untuk mengungkapkan informasi,  misalnya beberapa sinyal radar. Karena mereka membutuhkan analisis dan konfirmasi dengan instansi lain sebelum dibebaskan. Untuk memberikan informasi yang belum siap, harus dikompromikan melalui investigasi atau upaya pencarian - dan itu bisa menambah   penderitaan kerabat."

" Malaysia tidak memiliki sesuatu untuk disembunyikan. Kami bukan  menghindari  biaya dan  upaya. Dari satu hari, kami telah melakukan kontak rutin dengan negara-negara tetangga, dan menerima semua penawaran bantuan internasional. Kami telah mengikuti protokol yang ditetapkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional sejak insiden itu dimulai."

"Banyak yang telah dibuat tentang perluasan wilayah pencarian. Beberapa menyatakan bahwa pencarian Malaysia telah melambat. Itu tidak benar. Bahkan, kami telah mengintensifkan pencarian. Sekali lagi, biarkan aku menjelaskan: . . . . Tidak ada preseden yang nyata bagi situasi seperti ini, pesawat lenyap. Kita memperluas area pencarian karena itu adalah tugas kita untuk mengikuti setiap petunjuk. Kami berutang kepada keluarga . Dan kami tidak akan menyerah . "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Bernama
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper