Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Malaysia Airlines Hilang: Kode Penerbangan MH370 Dipensiunkan

Menyusul hilangnya pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH-370 tujuan Beijing dari Kuala Lumpur, manajemen Malaysia Airlines, Kamis (13/3/2014) mempensiunkan kode penerbangan MH370 pascamusibah hilangnya pesawat maskapai tersebut pada rute Kuala Lumpur-Beijing.
Malaysia Airlines mempesiunkan kode penerbangan MH-370 dan MH-371/Reuters
Malaysia Airlines mempesiunkan kode penerbangan MH-370 dan MH-371/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menyusul hilangnya pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH-370 tujuan Beijing dari Kuala Lumpur, manajemen Malaysia Airlines, Kamis (13/3/2014)  mempensiunkan kode penerbangan MH370 pascamusibah hilangnya pesawat maskapai tersebut pada rute Kuala Lumpur-Beijing.

Dalam siaran pers Malaysia Airlines yang diterima di Jakarta, Kamis (13/3/2014), menyebutkan tindakan mempensiunkan kode penerbangan MH370 (Kuala Lumpur-Beijing) juga bersamaan dengan mempensiunkan kode penerbangan MH371 (Beijing-Kuala Lumpur).

Menurut rilis Malaysia Airlines, hal itu dilakukan maskapai tersebut sebagai penanda rasa hormat kepada penumpang dan kru MH370 yang menghilang sejak 8 Maret 2014.

Sebagai gantinya yang bakal berlaku sejak 14 Maret 2014, nomor penerbangan baru yang menggantikan MH370 dan MH371 adalah MH 318 (Kuala Lumpur-Beijing) dan MH 319 (Beijing-Kuala Lumpur).

Malaysia Airlines juga mengumumkan bahwa tidak ada perubahan frekuensi jasa layanan penerbangan dan tetap akan mengoperasikan rute tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

Maskapai tersebut juga menyatakan rasa duka dan selalu berdoa bagi para kerabat dari rekan dan penumpang pesawat MH370 yang masih menghilang itu.

Sebelumnya, Pemangku Menteri Transportasi Malaysia Hishamuddin Hussein menjelaskan sebanyak 12 negara ambil bagian dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines dari KLIA tujuan Beijing, China, yang hilang kontak sejak Sabtu (8/3/2014).

"Sebanyak 12 negara turut ambil bagian dalam pencarian pesawat yang hilang kontak tersebut," kata Hishamuddin Hussein di lapangan terbang antarbangsa Kuala Lumpur, Rabu (12/3).

Negara-negara yang terlibat tersebut di antaranya adalah Vietnam, Singapura, Indonesia, China, Amerika Serikat, Australia, Thailand, Filipina, Selandia Baru. Tiga negara terakhir yang ikut terlibat dalam operasi adalah Brunei Darussalam, India dan Jepang.

Ia menyebutkan bahwa sebanyak 42 kapal laut dan 39 pesawat udara sedang dikerahkan untuk pencarian pesawat MH370.

"Ini menunjukkan kami fokus pada pencarian sampai pesawat itu ditemukan," paparnya. (Antara/AFP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper