Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konvensi Demokrat, Hanya Ajang Persaingan Gita & Dahlan

Apabila rangkaian Konvensi Partai Demokrat berakhir hari ini, maka hanya akan ada dua figur yang dipastikan bersaing menjadi pemuncak, yaitu Gita Irawan Wirjawan dan Dahlan Iskan. Butuh kerja ekstra keras bagi sembilan peserta konvensi lainnya untuk bisa menyalip kedua figur itu
Logo konvensi Demokrat/JIBI
Logo konvensi Demokrat/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Apabila rangkaian Konvensi Partai Demokrat berakhir hari ini, maka hanya akan ada dua figur yang dipastikan bersaing menjadi pemuncak, yaitu Gita Irawan Wirjawan dan Dahlan Iskan. Butuh kerja ekstra keras bagi sembilan peserta konvensi lainnya untuk bisa menyalip kedua figur itu.

Demikian kesimpulan dari lembaga riset PoliticaWave setelah melakukan analisis terhadap jutaan percakapan di media sosial dalam kurun 1 Januari 16 Februari 2014.

Founder PoliticaWave Yose Rizal mengatakan, menyongsong ronderonde final, Gita dan Dahlan sama sama memiliki tale of tape impresif.

“Gita adalah kandidat presiden yang paling banyak diberitakan. Jangkauan percakapan terkait Gita juga merupakan yang terluas. Demikian pula pada share of citizen, kebanyakan pemilik akun di media sosial memperbincangkan Gita di atas capres lainnya,” ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Kamis (27/2/2014).

Sementara itu, tambahnya, Dahlan menjadi figur yang paling sering diangkat sebagai headline pemberitaan di online news, sekaligus paling sering mendapat sentimen positif para netizen. Dibanding para pesaingnya, Dahlan juga unggul sebagai kandidat dengan jumlah percakapan tertinggi di media sosial.

Menurut Yose, pencapaian Gita di atas menunjukkan bahwa, kendati bisa dikatakan sebagai sosok profesional yang baru mencelupkan kakinya di kancah perpolitikan nasional, namun akselerasi cepat dan masif yang dilakukan manajemen media sosial Gita terbukti gemilang melontarkan mantan Menteri Perdagangan itu ke posisi spektakuler memperebutkan kursi RI-1.

“Demikian pula dengan Dahlan. Seperti dinilai banyak kalangan, Dahlan tampak sukses mengeksploatasi jejaring media yang ia miliki. Ditambah dengan gaya interaksi sosialnya yang khas dan kelihaiannya memosisikan diri pada isuisu strategis, menjadikan kejayaan Dahlan di Konvensi PD sudah bisa diduga sebelumnya,” ungkap Yose.

Berikut Ini Ringkasan Hasil Riset PoliticaWave:

o Total percakapan (share of voice) dari kesebelas kandidat konvensi selama 6 minggu sejak tanggal 1 Januari adalah 766,622 buzz. 3 kandidat yang memiliki share of voice terbesar adalah Dahlan Iskan (29%), Gita Wirjawan (24%) dan Marzuki Alie (19%)

o Total unique user (share of citizen) yang mempercakapkan topik terkait para peserta konvensi Demokrat adalah 207,317 user 3 Kandidat yang memiliki share of citizen terbesar adalah Gita Wirjawan (27%), Dahlan Iskan (20%) dan Marzuki Alie (14%)

o Total potential reach atau luas jangkauan percakapan terkait para capres konvensi adalah sebesar 1,8 miliar. 3 Kandidat yang memiliki potential reach terbesar adalah Gita Wirjawan (455,410,053) yang disusul oleh Dahlan Iskan (324, 936,763) dan Marzuki Alie (227,855,891)

o Total jumlah pemberitaan terkait para kandidat adalah 9.823 berita.

o Tiga kandidat yang paling banyak diberitakan adalah Gita Wirjawan (2.760 news), Dahlan Iskan (1.922 news) dan Pramono Edhie (1.476 news)

o Tiga kandidat dengan headline positif terbesar adalah Dahlan Iskan (931 berita), Gita Wirjawan (550 berita) dan Pramono Edhie (285 berita)

o Tiga kandidat dengan nilai Net Sentiment terbesar atau dengan percakapan positif terbanyak adalah Dahlan Iskan (41.609), Gita Wirjawan (24.256) dan Anies Baswedan (16.316)

o Media digital yang dipantau : Twitter, Facebook, Blog, Forum, Online News, Youtube

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper