Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erupsi Sinabung, Warga dari 15 Desa & 2 Dusun Masih Harus Mengungsi

Kendati aktivitas Gunung Sinabung mulai menurun pada akhir minggu ini, warga dari 15 desa dan dua dusun masih harus tinggal di pengungsian.

Bisnis.com, MEDAN - Kendati aktivitas Gunung Sinabung mulai menurun pada akhir minggu ini, warga dari 15 desa dan dua dusun masih harus tinggal di pengungsian.

Adapun, total pengungsi saat ini mencapai 32.351 orang atau 9.991 keluarga yang tersebar di 42 titik.

PVMBG merekomendasikan 15 desa dan dua dusun yang masih harus tetap mengungsi, yaitu Desa Mardinding, Perbaji, Selandi, Sukameriah, Guru Kinayan, Gamber, Berastepu, Bekerah, Simacem, Sukanalu, Kuta Tonggal, Sigarang-garang, Kuta Rakyat, Kuta Gugung, Kuta Tengah, Dusun Sibintun, dan Dusun Lau Kawar.

Di luar desa tersebut dapat kembali ke tempat tinggal masing-masing dan beraktivitas di luar radius 5 km dari kawah gunung.

"Pengungsi dari 17 desa di luar radius 5 km boleh pulang atas rekomendasi PVMBG. Saat inii masih disiapkan. Tahap pertama, akan dipulangkan pengungsi dari empat desa yakni Desa Batu Karang, Rimo Kayu, Cimbang, dan Ujung Payung," ujar Kepala BNPB Syamsul Maarif, Minggu (9/2/2014)

Adapun, kebutuhan dasar bagi pengungsi masih cukup. Selain menyenggarakan bimbingan belajar menjelang UN bagi pelajar SMP dan SMA, Kemendikbud juga memberikan bantuan peralatan sekolah, dan buku pelajaran, serta beasiswa total Rp19,23 miliar

"Saat ini Disdik Karo sedang menyiapkan pendistribusian kepada siswa," pungkas Syamsul.

Aktivitas Gunung Sinabung masih berpotensi erupsi disertai awan panas. Gempa masih didominasi gempa hibrid yang mengindikasikan pertumbuhan kubah lava masih berlangsung. Sejak Sabtu (8/2/2014) terjadi dua kali erupsi dan beberapa kali guguran. Status masih Awas (level IV).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper