Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mandela Tinggalkan Warisan untuk Partai Berkuasa, Ini Isi Surat Wasiatnya

Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela meninggalkan kekayaan uang tunai dan properti senilai 46 juta rand (US$4,13 juta), menurut pihak pengadilan yang berwenang memutuskan pembagian harta warisannya berdasarkan surat wasiat.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 04 Februari 2014  |  09:30 WIB
/Bloomberg
/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA—Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela meninggalkan kekayaan uang tunai dan properti senilai 46 juta rand (US$4,13 juta). Demikian menurut pihak pengadilan yang berwenang memutuskan pembagian harta warisannya berdasarkan surat wasiat.

Berdasarkan surat wasiat setebal 40 halaman yang ditinggalkan Mandela, perwalian dari pihak keluarga akan menerima US$130.000 ditambah royalti. Selanjutnya, pihak lain yang berhak menerima warisan itu adalah partai berkuasa African National Congress (ANC), staf pribadi, dan sejumlah sekolah.

Sementara itu, istri ketiga Mandela, Graca Machel akan mendapatkan separuh dari warisan itu kalau wanita itu menuntutnya, menurut surat wasiat yang ditinggalkan Mandela setelah dia meninggal dunia pada Desember tahun lalu dalam usia 95 tahun sebagaimana dikutip bbc.co.uk, Selasa (4/2/2014).

Pihak Pengadilan Afrika Selatan yang diwakili Jaksa Eksekutor Dikgang Moseneke mengatakan Mandela tidak pernah membicarakan soal pembagian harta dalam surat wasiat tersebut. Pihak keluarga pun dilaporkan tidak mempersoalkan pembagian harta warisan tersebut meski anak tiri dari perkawinan terakhirnya dengan Machel mendapatkan hak yang sama dengan anak kandungnya. 

Namun demikian, Moseneke mengakui jumlah harta warisan tersebut bisa jadi lebih besar dari yang tercatat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nelson mandela warisan

Sumber : www.bbc.com

Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top