Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandela Tinggalkan Warisan untuk Partai Berkuasa, Ini Isi Surat Wasiatnya

Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela meninggalkan kekayaan uang tunai dan properti senilai 46 juta rand (US$4,13 juta), menurut pihak pengadilan yang berwenang memutuskan pembagian harta warisannya berdasarkan surat wasiat.
/Bloomberg
/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA—Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela meninggalkan kekayaan uang tunai dan properti senilai 46 juta rand (US$4,13 juta). Demikian menurut pihak pengadilan yang berwenang memutuskan pembagian harta warisannya berdasarkan surat wasiat.

Berdasarkan surat wasiat setebal 40 halaman yang ditinggalkan Mandela, perwalian dari pihak keluarga akan menerima US$130.000 ditambah royalti. Selanjutnya, pihak lain yang berhak menerima warisan itu adalah partai berkuasa African National Congress (ANC), staf pribadi, dan sejumlah sekolah.

Sementara itu, istri ketiga Mandela, Graca Machel akan mendapatkan separuh dari warisan itu kalau wanita itu menuntutnya, menurut surat wasiat yang ditinggalkan Mandela setelah dia meninggal dunia pada Desember tahun lalu dalam usia 95 tahun sebagaimana dikutip bbc.co.uk, Selasa (4/2/2014).

Pihak Pengadilan Afrika Selatan yang diwakili Jaksa Eksekutor Dikgang Moseneke mengatakan Mandela tidak pernah membicarakan soal pembagian harta dalam surat wasiat tersebut. Pihak keluarga pun dilaporkan tidak mempersoalkan pembagian harta warisan tersebut meski anak tiri dari perkawinan terakhirnya dengan Machel mendapatkan hak yang sama dengan anak kandungnya. 

Namun demikian, Moseneke mengakui jumlah harta warisan tersebut bisa jadi lebih besar dari yang tercatat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Sumber : www.bbc.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper