Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edward Snowden Diusulkan Dapat Nobel Perdamaian

Mantan pegawai kontrak Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) yang kini jadi buronan AS, Edward Snowden dicalonkan sebagai penerima hadiah Nobel Perdamaian 2014.
Edward Snowden/theguardian.com
Edward Snowden/theguardian.com

Bisnis.com, OSLO--Mantan pegawai kontrak Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) yang kini jadi buronan AS, Edward Snowden dicalonkan sebagai penerima hadiah Nobel Perdamaian 2014.

Anggota Parlemen Norwegia, Baard Vegar Solhjell, Rabu (29/1/2014) menilai pembocoran dokumen oleh Snowden membuat dunia menjadi lebih aman sehingga layak menerima hadiah Nobel Perdamaian.

Solhjell, mantan menteri pendidikan dan lingkungan untuk partai Kiri Sosialis, menganggap pembocoran oleh Snowden memperkaya pemahaman umum menyangkut negara penyadap warga negaranya sendiri, tulis reuters, Rabu (29/1/2014)

"Tidak ada keraguan bahwa tindakan yang dilakukan Edward Snowden mungkin telah merusak kepentingan keamanan sejumlh negara dalam waktu singkat," kata Solhjell serta rekannya sesama anggota parlemen, Snorre Valen, dalam pernyataan bersama.

Keduanya meyakini bahwa debat publik dan perubahan-perubahan kebijakan yang mengikuti pembocoran yang dilakukan Snowden itu telah membawa aturan dunia yang lebih damai dan stabil.

"Tindakan yang dilakukannya menimbulkan dampak yang membawa kembali kepercayaan dan keterbukaan sebagai prinsip utama dalam kebijakan-kebijakan keamanan global."

Snowden, yang saat ini tinggal di Rusia dengan status suaka sementara --setelah membongkar rahasia pemerintah AS soal program penyadapan serta kegiatan-kegiatan lainnya--kini menghadapi tuntutan kejahatan di AS.

Snowden meninggalkan AS tahun lalu ke Hong Kong dan selanjutnya ke Rusia.

Ribuan orang di seluruh dunia memiliki kelayakan untuk dicalonkan sebagai penerima Hadiah Nobel Perdamaian, termasuk anggota parlemen negara manapun.

Untuk hadiah Nobel Perdamaian tahun lalu, tercatat ada 259 calon penerima.

Nobel Perdamaian itu sendiri akhirnya dimenangi oleh Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia atas upaya badan tersebut menghapuskan persenjataan kimia Suriah.

Komite Nobel Norwegia akan mengumpulkan calon-calon penerima hadiah tahun 2014 hingga tanggal 1 Februari dan menyelesaikan daftar kandidat pada tanggal 4 Maret.

Pada tanggal tersebut, komite akan melakukan pertemuan pertamanya tahun ini dan para anggota komite menyerahkan daftar calon mereka.

Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian akan diumumkan pada 10 Oktober 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper