Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wow! Snowden Ternyata Bongkar 1,7 Juta Arsip Rahasia Intelijen AS

Mantan agen rahasia Amerika Serikat Edward Snowden mengunduh sekitar 1,7 juta arsip intelijen dalam satu aksi pencurian data rahasia terbesar dalam sejarah negara itu, menurut laporan Pentagon sebagaimana disebutkan sejumlah anggota Kongres
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 10 Januari 2014  |  06:58 WIB
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Mantan agen rahasia Amerika Serikat Edward Snowden mengunduh sekitar 1,7 juta arsip intelijen dalam satu aksi pencurian data rahasia terbesar dalam sejarah negara itu, menurut laporan Pentagon sebagaimana disebutkan sejumlah anggota Kongres.

Laporan dari Departemen Pertahanan AS, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pentagon, menyimpulkan pengungkapan data intelijen yang disampaikan Snowden tahun lalu bisa “berdampak sangat buruk” terhadap keamanan nasional AS.

Selain itu, perbuatan pria tersebut mengancam keamanan angkatan bersenjata negara tersebut, ujar Anggota Kongres Mike Rogers yang menjabat sebagai Ketua Komisi Intelijen DPR AS sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (10/1/2014).

“Laporan ini mengonfirmasi kekhawatiran saya yang dalam. Snowden telah melakukan pengkhianatan dan menempatkan militer AS dalam risiko tinggi,” ujar Rogers.

Menurutnya, tindakan Snowden akan menimbulkan konsekuensi fatal terhadap pasukan AS.

Laporan dari Pentagon tersebut muncul saat Presiden Barrack Obama akan mengumumkan pembatasan program program mata-mata Agen Keamanan AS dalam beberapa pekan ke depan. Pihak intelijen AS juga tengah mengevaluasi atas apa yang dilakukan oleh Snowden, menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

as edward snowden badan intelijen negara

Sumber : Bloomberg

Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top