Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Perempuan Kian Gandrungi Kerja di Pasar Saham

Wall Street sebagai patokan sektor non-riil dunia ternyata tak hanya melulu diisi oleh pria. Bahkan, tercatat ada 21.617 ibu yang bekerja di Wall Street sampai 2010

Bisnis.com, JAKARTA—Wall Street sebagai patokan sektor non-riil dunia ternyata tak hanya melulu diisi oleh pria. Bahkan, tercatat ada 21.617 ibu yang bekerja di Wall Street sampai 2010.

Laporan tersebut dirilis oleh New York Times (NYT) baru-baru ini, mengindikasikan bahwa ternyata semakin banyak ibu-ibu yang tertarik berkarir di Wall Street. Angka tersebut juga seiring dengan makin bertumbuhnya perempuan yang bekerja di sektor finansial secara umum, yang diperkirakan mencapai lebih dari 1 juta di AS saja.

Pada laporan tersebut juga disebutkan pertumbuhan para ibu yang bekerja di Wall Street. Pada 1980, tercatat hanya ada 2.980 orang, lalu naik menjadi 5.284 jiwa. Lonjakan jumlah terjadi satu dekade kemudian, yang naik lebih dari tiga kali lipat menjadi 16.196 orang dan jumlah itu terus naik sampai menembus angka 20.000 orang.

Dalam laporan itu juga disebutkan data dari lembaga pemeringkat ternama, Fortune 500, dimana juga terjadi kenaikan persentase perempuan yang berada di jajaran puncak perusahaan (board).

Sampai 1995, hanya 10% atau 138 perempuan yang menjabat direktur atau komisaris di perusahaan yang tercatat oleh Fortune 500. Dalam 17 tahun, angka ini nyaris berlipat dua menjadi 19% dari total keseluruhan orang yang duduk di posisi tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper