Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konstelasi Politik 2014 Banten Berubah Pasca Kasus Tubagus

Indonesian Corruption Watch (ICW) berpendapat konstelasi politik di Provinsi Banten akan berubah pascapenangkapan Tubagus Chaeri Wardhana (TCW) oleh KPK.

Bisnis.com, TANGERANG-- Indonesian Corruption Watch (ICW) berpendapat konstelasi politik di Provinsi Banten akan berubah pascapenangkapan Tubagus Chaeri Wardhana (TCW) oleh KPK.

"Konstelasi politik 2014 di Banten akan banyak berubah terkait kasus korupsi ini," kata Wakil Koordinator Indonesian Corruption Watch, Ade Irawan, tulis Antara, Selasa (10/12/2013).

Da menjelaskan penyelidikan dan penyidikan yang saat ini dilakukan oleh KPK terkait dugaan suap Pilkada Lebak yang diduga melibatkan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, memberi dampak yang luas terhadap politik.

Pasalnya, tidak hanya Ratu Atut Chosiyah saja yang diperiksa oleh KPK tetapi Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, yang merupakan istri Tubagus Chaeri Wardhana.

"Keterlibatan sejumlah keluarga Ratu Atut Chosiyah dalam kasus yang kini ditangani KPK sangat mempengaruhi konstalasi politik di tahun 2014. Sebab, Atut diketahui merupakan bagian dari pengurus Partai Golkar," ujarnya.

Ade juga menjelaskan jika penyelidikan KPK terkait korupsi di Provinsi Banten tidak hanya pada kasus pilkada Lebak dan pengadaan alat kesehatan RSUD Tangerang Selatan.

Melainkan masalah infrastruktur dan beberapa kasus lainnya yang sudah dilaporkan masyarakat dan instansi lainnya kepada KPK.

"Banyak laporan masyarakat terkait dugaan korupsi di Provinsi Banten. Jadi, kasusnya masih akan terus bergulir," ujarnya.

Berdasarkan penelitian ICW, banyak proyek di Provinsi Banten dikuasai oleh perusahaan keluarga Ratu Atut Chosiyah.

"Sangat banyak proyek yang dikerjakan oleh perusahaan keluarga," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper