Suap SKK Migas: KPK Dalami Peran Jero Wacik Selaku Ketua Komisi Pengawas

Komisi Pemberantasan Korupsi mendalami peran Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik selaku Ketua Komisi Pengawas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).
Ismail Fahmi | 02 Desember 2013 19:01 WIB
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Komisi Pemberantasan Korupsi mendalami peran Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik selaku Ketua Komisi Pengawas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

"Ada beberapa pertanyaan disampaikan kepada saya, satu adalah tugas Komisi Pengawas SKK migas, itu yang ditanyakan," kata Jero seusai diperiksa KPK sekitar delapan jam di Jakarta, Senin (2/12/2013).

Jero menjadi saksi untuk kasus suap kegiatan SKK Migas tahun 2012-2013 untuk tersangka mantan Ketua SKK Migas Rudi Rubiandini.

Menurutnya, Komisi Pengawas bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap program-program strategis di SKK Migas.

"Misalnya kalau pengajuan rencana kerja dan anggaran tahunan itu SKK Migas harus mendapat persetujuan dari Komisi Pengawas, kemudian kalau pengangkatan dan pergantian pimpinan SKK migas di luar ketuanya, itu juga harus mendapat persetujuan Komisi Pengawas," paparnya.

Namun terkait hal operasional SKK Migas, Jero mengaku hal tersebut merupakan wewenang penuh lembaga tersebut.

"Kalau hal operasional, seperti tender atau hal-hal operasional lain operasional itu adalah kewenangan penuh kepala SKK Migas," jelas Jero.

Namun,  dia  tidak menjelaskan mengenai uang US$200.000  yang ditemukan KPK dalam penggeledahan di ruang Sekretaris Jenderal ESDM Waryono Karno pasca\penangkapan Rudi Rubiandini.

"Uang US$200  di ruang Sekjen itu tadi tidak ditanyakan kepada saya," kata Jero.

Padahal sebelumnya Jero mengaku bahwa uang itu adalah uang operasional Kementerian ESDM. "Itu sudah saya ralat waktu itu, Pak Sekjen juga sudah diperiksa jadi serahkan saja ke KPK."

Sumber : Newswires

Tag : suap skk migas
Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top