Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Kemacetan, Sumbar Hidupkan Kembali Kereta Api 2014

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana menghidupkan kembali transportasi kereta api guna mengakomodasi kebutuhan mobilitas yang cepat, terutama menyangkut barang dan jasa
/Antara
/Antara

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana menghidupkan kembali transportasi kereta api guna mengakomodasi kebutuhan mobilitas yang cepat, terutama menyangkut barang dan jasa.

"Tahun depan angkutan kereta api sudah ada di Sumbar. Kami sudah melakukan kajian. Kehadiran transportasi kereta api di Sumbar akan mempercepat arus barang dan jasa dari ibu kota provinsi ke kabupaten ataupun sebaliknya," ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Selasa (12/11).

Kebutuhan transportasi kereta api itu, sambungnya, sangat mendesak karena jalan di Sumbar acapkali macet, terutama jalur Padang-Bukittinggi.

“Sayang sekali kalau rel kereta peninggalan Belanda ini tidak dimanfaatkan. Sebab sudah terhubung ke kota-kota besar di Sumbar. Dari Payakumbuh, Bukittinggi, Padang Panjang, Pariaman, Solok hingga Sawahlunto sudah terhubung,” katanya.

Mudrika, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumbar, menyebutkan untuk 2014 prioritas pertama adalah menghidupkan jalur kereta api di Kota Padang. “Untuk Kota Padang Januari besok sudah beroperasi, juga ada railbus dari stasiun Simpang Haru menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM),” katanya.

Dia mengatakan proses pembebasan lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk kawasan Padang sudah tuntas, dan kereta siap dioperasikan. Setelahnya, proses pembebasan lahan baru dilakukan di Padang Panjang, Bukittinggi, dan Payakumbuh yang mayoritas sudah ditempati oleh penduduk.

Menurutnya, transportasi kereta api di Sumbar akan diutamakan untuk angkutan barang, meskipun juga disediakan untuk angkutan penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper