Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kualitas Layanan AXA Mandiri Mengecewakan

Saya nasabah asuransi yang katanya No. 1 di dunia, AXA Mandiridengan no polis 5115159443 atas nama Krisdyan Widagdo Adhi dengan nama tertanggung anak saya.

Bisnis.com, JAKARTA - Saya nasabah asuransi yang katanya No. 1 di dunia, AXA Mandiridengan no. polis 5115159443 atas nama Krisdyan Widagdo Adhi dengan nama tertanggung anak saya.

Berawal dari keinginansebagai orang tua ingin mempersiapkan pendidikan yang baik untuk anak,karena di kantor ada penawaran dari Financial Advisor (FA) dengan inisial RCL(nama di redaksi) yang memperkenalkandiridari AXA Mandiri, saya tertarik untuk mengambil asuransi pendidikan untuk buah hati saya.

Dengan kesan sedikit terburu-buru saat penjelasan karena mungkin dikejar target, diamenjelaskan dan saya mempercayainya untuk dapat minta tolong diisikan data pribadi umum saya sebelum saya recheck ulang karena kesibukan saya yang tidak sempat mengisi form tersebut.

Inilah awal kekecewaan dan kerugian saya.

FA ini menyetujuinya dan tiba-tiba beberapa hari kemudian saya kaget bahwa buku polis sudah jadi dan polis asuransi tersebut adalah polis asuransi jiwa bukan pendidikan.

Saya komplain langsung, bahwa saya belum mengecek ulang data yang dimasukkan dalam bukupolis serta kenapa polis saya asurasi jiwa bukan pendidikan sesuai yang saya minta.

Kesalahan data fatal ada di riwayat kesehatan anak saya yang salah, kesalahan saya, saya sudah menandatangani form yang diajukan dan memasrahkan pengisian data-data umum kepada FA tersebut.

Kesalahan saya adalah saya tandatangan form dengan permintaan dari FA, karena diburu-buru. Meskipun saya sudah tekankan : TOLONG RECHECK ke saya sebelum jadi polis. Terkait dengan kesalahan saya mempercayakan pengisian data polis tersebut, tagihan tahunan Agustus 2011 tetap berjalan autodebet.

Mengingat saya mempercayai nama besar AXA Mandiri, saya masih mau melanjutkan polis tersebut walaupun dengan berat hati.

Saya minta ada revisi data polis karena ada kesalahan dan saya sudah mengisi form yang diharuskan sebagai persyaratan serta mengembalikan langsung buku polis kepada FA untuk direvisi dan sejak saat itu FA lenyap tidak ada kabar.

Tagihan tahun kedua Agustus 2012 datang dan tagihan polis muncul kembali. Tanpa berpikir negatif saya rela dipotong kembali karena mungkin form permintaan revisi data buku polis sayamasih diproses walaupun agak bertanya-tanya revisi polis sampai 1 tahun belum ada konfirmasi.

Saya coba menanyakan keberadaan FA bersangkutan di kantor Bank Mandiri di kantor saya dan mendapat info bahwa FA bersangkutan sudah pindah di kantor AxaMandiri di tempat lain dan saya kehilangan no kontaknya.

Menjelang pemotongan tahun ketiga Agustus 2013, saya mulai aktif complain dan menghubungi FA Axa Mandiri terdekat, sampai komplain resmi tanggal 26 Juli 2013 dikantor pusat AXA Mandiri Kuningan Jakarta.

Penjelasan permasalahan dan pengisian form complain serta tuntutan telah dilaksanakan sesuai prosedur, namun sampai minggu ke - 4 Oktober 2013, beberapa kali saya mengingatkan AxaMandiri lewat call center mengenai progress laporan saya. Hasilnya, selalu mengecewakan. Jawaban call center selalu sama bahwa membutuhkan proses verifikasi dan komunikasi dengan FA bersangkutan.

Sangat tidak masuk akal bagi saya proses verifikasi dan komunikasi internal AXA Mandiri membutuhkan waktu hampir 3 bulan berjalan ?

Lewat telepon, akhirnya FA tersebut menghubungi saya dan mengakui bahwa form permintaan revisi polis saya ternyata belum ditindaklanjuti karena saat kepindahan ke kantor wilayah baru FA, form tersebut dipasrahkan ke rekan kerjanya dan lupa atau hilang dan tidak ditindaklanjuti, parahnya tidak ada komunikasi ataupun informasi kepada saya dari FA mengenai status permohonan revisi tersebut.

Solusi yang ditawarkan lewat telepon kepada saya sungguh mengecewakan. Saya disodorkan pembatalan polis yang mengakibatkan dana saya akan terpotong sebesar hampir 60 % dengan asumsi kalau saya menandatanganinya, saya mengakui bahwa itu kesalahan saya.

Solusi yang sangat angkuh bukannya dengan kerendahan hati mengakui bahwa ini adalah kesalahan FA dan internal Axa Mandiri sendiri.

Beginikah kualitas FA, produk dan layanan AXA Mandiri ?

Sudah banyak kerugian saya mengurus komplain baik dari biaya transportasi, pulsa telepon, dan tentunya biaya polis yang tidak sedikit sesuai ukuran kemampuan keluarga kami serta kerugian immaterial lainnya.

Semoga keluh kesah saya ini ditindaklanjuti dengan bijaksana dan AxaMandiri benar-benar membuktikan kualitas nama besar yang disandangnya.


 

Krisdyan Widagdo Adhi

Pondok Bambu RT 004/004, Pondok Bambu, Duren Sawit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper