Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kaltim Pecahkan Rekor Bendera Raksasa

Pemprov Kaltim berhasil memecahkan rekor dunia peluncuran bendera merah putih raksasa dengan luas 2.128 m2, pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional di Stadion Palaran Kalimantan Timur, Senin (28/10/2013).

Bisnis.com, SAMARINDA--Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berhasil memecahkan rekor dunia peluncuran bendera merah putih raksasa dengan luas 2.128 m2, pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional di Stadion Palaran Kalimantan Timur, Senin (28/10/2013).

Vice Presiden Record Holders Republc (RHR) untuk Indonesia Halim Sugiarto menyerahkan piagam rekor dunia kepada Menpora Roy Suryo sebagai salah satu tim peluncuran bendera, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Direktur Bank Kaltim Zainudin Fanani, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Sigit Muryono.

Menurut Halim, rekor sebelumnya untuk bendera raksasa ini dipegang oleh Meksiko dengan luas 2.100 m2, dan berhasil dipecahkan di Kalimantan Timur saat peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional.

"Bendera merah putih raksasa ini dengan panjang 70 m dan lebar 30,4 m sehingga menghasillkan luas total 2.128 m2, atau lebih luas 28 m2 dari rekor sebelumnya," kata Halim.

Bendera merah putih raksasa tersebut diluncurkan oleh tim dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kaltim, dan Menpora Roy Suro pun ikut dalam aksi peluncuran bendera di atas ketinggian kurang lebih seratus meter itu.

Sebelumnya bendera raksasa tersebut tergulung di atap Stadion Palaran Samarinda dengan ketinggian kurang lebih 100 M, dan diluncurkan oleh tim panjat tebing beserta Roy Suryo dengan teknik refling turun ke bawah.

Menurut Roy Suryo, bendera raksasa dengan ukuran luas 2.128 m2 tersebut mempunyai filosofi dari peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Angka 28 dikatakan Roy Suryo dimaknai dengan hari peringatan Sumpah Pemuda, sedangkan angka 100 dimaknai dengan peringatan Hari Sumpah pemuda ke-85 yang telah mendekati angka 100 tahun, sedangkan 2000 dimaknai dengan tahun Negara Indonesia menatap demografi perkembangan dunia.

"Kami harapkan dengan peringatan hari sumpah pemuda Nasional dengan tema untujk tahun ini merajut Indonesia, kaum muda Indonesia bisa bergerak lebih baju untuk mendorong kesuksesan bangsa," kata Roy Suryo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper