Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HP Gugat Toshiba, Samsung, dan LG

Hewlett-Packard Co., pembuat PC terbesar dunia, menuding sejumlah perusahaan pembuat optical disk drive telah melakukan price fixing alias penetapan harga sepihak sejak 2004 hingga 2010.

Bisnis.com, HOUSTON - Hewlett-Packard Co., pembuat PC terbesar dunia, menuding sejumlah perusahaan pembuat optical disk drive telah melakukan price fixing alias penetapan harga sepihak sejak 2004 hingga 2010.

Bloomberg melaporkan Sabtu (26/10), Hewlett-Packard (HP) mengajukan dua gugatan terpisah di pengadilan federal di Houston, Texas, AS. Dalam berkasnya, mereka mengklaim Toshiba Corp., Samsung Electronics Co. dan LG Electronics Inc. sebagai tiga perusahaan yang ikut melakukan pembicaraan rahasia terkait penetapan harga perangkat keras tersebut.

Menurut HP, perusahaan-perusahaan yang terlibat menguasai 90% pasar optical disk drive, yang digunakan untuk menyimpan dan memutar data di CD, DVD, serta Blu-ray. Kedua gugatan tersebut dimasukkan pada 24 Oktober.

HP, yang berbasis di Palo Alto, California, AS, menginginkan ganti rugi dan penghentian sementara penjualan produk-produk terkait.

Atas gugatan ini, juru bicara LG John Taylor menolak berkomentar. Sementara, pihak Toshiba dan Samsung belum memberikan tanggapan mereka.

Beberapa tahun terakhir, Kementerian Kehakiman AS pun tengah menyelidiki dugaan penetapan harga dan negosiasi rahasia di industri tersebut. (Bloomberg)



 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anissa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper