Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Diminta Panggil Bunda Putri Agar Spekulasi Tak Semakin Meluas

Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y. Thohari berpendapat bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu menindaklanjuti isu Bunda Putri guna mengakhiri spekulasi yang buruk terus berkembang di masyarakat.

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y. Thohari berpendapat bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu menindaklanjuti isu Bunda Putri guna mengakhiri spekulasi yang buruk terus berkembang di masyarakat.

"KPK yang sedang menangani persoalan hukum perlu menindaklanjuti isu itu, di mana status suap dan korupsi ini ditangani KPK. Isu tentang Bunda Putri sudah meluas dan menyinggung wilayah sangat sensitif secara politik," katanya di Jakarta, Jumat (18/10/2013).

Menurutnya, isu Bunda Putri harus segera diusut karena hal itu menyangkut posisi dan kedudukan tokoh-tokoh yang disebut memiliki hubungan dengan Bunda Putri.

"Jika persoalan isu Bunda Putri ini tidak segera dihentikan maka sangat diyakini ini akan menjadi 'liar' dan spekulasi luas," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, KPK harus memanggil orang yang disebut sebagai Bunda Putri itu, untuk mengklarifikasi status dirinya dalam kesaksian yang disampaikan oleh tersangka kasus suap impor daging sapi, Luthfi Hasan Ishaaq.

"KPK harus memanggil dia agar publik tahu posisi Bunda Putri dalam isu ini dan mendapatkan kejelasan. Kalau tidak, akan terus ada spekulasi. Misalnya, ada foto yang mungkin sifatnya kebetulan tetapi kan bisa mengundang spekulasi," kata Hajriyanto.

Dia berharap KPK dapat mengakhiri isu tersebut dengan cara memanggil sosok Bunda Putri untuk dimintai penjelasan.

"Memang KPK tidak bisa memanggil seseorang tanpa bukti awal, tetapi karena isu ini sudah 'menggelinding', mungkin pemanggilan dapat dilakukan," katanya.

Hajriyanto mengatakan pihak yang berjanji memberikan keterangan tentang Bunda Putri harus memenuhi janji tersebut.

"Termasuk Presiden yang menugaskan orang untuk mengusut tentang Bunda Putri. Harus diumumkan supaya spekulasi ini dapat segera dihentikan," katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, Presiden SBY memberikan klarifikasi bahwa pernyataan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq tidak benar, dan ia sama sekali tidak mengenal sosok Bunda Putri yang namanya dikaitkan dengan dirinya.

SBY meminta Luthfi untuk bersikap ksatria dan tidak bermain-main dengan kebenaran.

Pada kesempatan sebelumnya, Mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Kamis (10/10) menyebut ada sosok bernama Bunda Putri yang ia kenal sebagai orang dekat SBY dan bisa memberikan informasi akurat mengenai kebijakan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper