Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soeharto Batal Diusulkan Jadi Nama Jalan

Bisnis.com, JAKARTA--Nama mantan Presiden RI ke-2 Soeharto batal diusulkan menjadi nama pengganti Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Hal itu karena adanya pro kontra dengan rencana pemakaian nama Bapak Pembangunan tersebut. Terlebih, Soeharto

Bisnis.com, JAKARTA--Nama mantan Presiden RI ke-2 Soeharto batal diusulkan menjadi nama pengganti Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Hal itu karena adanya pro kontra dengan rencana pemakaian nama Bapak Pembangunan tersebut. Terlebih, Soeharto belum menjadi pahlawan nasional.

Anggota Panitia 17, Muhammad Yamin, mengatakan setelah melakukan pembahasan mendalam dan mengakomodasi masukan dari masyarakat, pihaknya memutuskan nama Soeharto batal diusulkan untuk menjadi nama pengganti Jalan Medan Merdeka Barat.

Begitu pun nama mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin juga batal diusulkan mengganti nama Jalan Medan Merdeka Timur.

Sehingga menurut Yamin, hanya dua jalan yang akan diganti, yakni Jalan Medan Merdeka Utara menjadi Jalan Soekarno dan Jalan Medan Merdeka Selatan menjadi Jalan Hatta.

"Hanya dua nama yang dipakai Soekarno dan Hatta, karena dua lainnya belum pahlawan. Nama Pak Harto dan Pak Ali belum akan diusulkan," kata Yamin tulis situs Pemprov DKI, beritaJakarta.com, Rabu (4/9/2013).

Pemakaian nama Soeharto untuk mengganti nama Jalan Medan Merdeka Barat, memang menjadi kontroversi.

Sebagian pihak menyetujui penggunaan nama tersebut, namun tak sedikit pula yang menolak. Sementara untuk pemakaian nama Soekarno-Hatta tidak menjadi persoalan, karena keduanya adalah proklamator kemerdekaan Indonesia.

Usulan penggantian nama Jalan Medan Merdeka tersebut muncul dari inisiatif sejumlah tokoh dalam Panitia 17.

Landasannya adalah untuk meningkatkan rasa kepedulian dan rasa menghormati jasa pahlawan yang dianggap mulai berkurang.

Usulan itu akan diajukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diharap terealisasi paling lambat pada 10 November 2013.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper