Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinilai Memihak Khofifah, Ketua KPU Jatim Didesak Mundur

Bisnis.com, SURABAYA - Laskar Cinta Karsa (LCK) mendesak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memecat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Andry Dewanto Ahmad karena diduga tidak netral dalam Pilkada Jatim 2013."Kami harap DKPP bisa menindaklanjutinya

Bisnis.com, SURABAYA - Laskar Cinta Karsa (LCK) mendesak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memecat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Andry Dewanto Ahmad karena diduga tidak netral dalam Pilkada Jatim 2013.

"Kami harap DKPP bisa menindaklanjutinya karena Ketua KPU Jatim diduga tidak netral dan telah mendukung salah satu pasangan calon gubernur," ujar Koordinator LCK, Ismail Marzuki, Senin  (26/8/2013).

Menurut dia, broadcast melalui blackberry messenger (BBM) yang dilakukan Andry Dewanto tidak bisa ditolelir, meski sudah langsung diralat setengah jam kemudian.

"Yang kami permasalahkan adalah isi broadcast itu karena telah memihak salah satu kandidat, yakni Khofifah-Herman. Kami mendesak DKPP segera menyidang kode etik Ketua KPU Jatim".

Seperti diketahui, pesan yang dikirimkan secara bersamaan kepada 484 kontak di BBM Andry Dewanto berbunyi, "Saksikan keunggulan Cagub PKB Khofifah IP dalam debat kandidat di Metro TV live di Gramedia Expo malam ini jam 19.00 WIB. Sebarkan..:)".

Dengan menyebarnya broadcast pada masa kampanye tersebut, paparnya, berarti Andry Dewanto telah memberikan pemahaman pada publik jika dia sudah menjadi juru kampanye salah satu pasangan.

Tidak itu saja, Andry Dewanto juga diduga telah memalsukan tanda tangan tiga komisioner KPU Jatim lainnya untuk meloloskan Khofifah. Dengan adanya alasan inilah DKPP sudah seharusnya memecat Ketua KPU Jatim, bukan malah membiarkannya seperti sekarang ini.

"Jika dulu ada dugaan anggota KPU Jatim telah tidak netral dengan tidak meloloskan pasangan Khofifah-Herman, DKPP langsung mengambil sikap dan memutuskan memecat sementara tiga anggota KPU Jatim. Tapi kenapa sekarang tidak?," katanya.

Menyusul mencuatnya kasus ini, LCK akan mengajak semua elemen yang mendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) agar terpilih lagi menjadi Jatim-1 dan mendesak DKPP segera memecat ketua KPU.

"Kami ingin Andry Dewanto dipecat sebelum 29 Agustus atau sebelum pencoblosan". (antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper